nhk

Moto2 2013 Austin FP1; Topan Ke-27, Doni Nomor Dua Dari Belakang

ManiakMotor – Seharusnya memang selalu berharap pada Doni Tata. Dia terpilih ke Gresini Moto2 karena pengalamannya dan nama besarnya di Indonesia. Di Free Practice (FP) 1 Moto2 yang berlangsung 19 April 2013 di sirkuit Austin, Texas, Amerika,  Doni ke-31 dari 32 pembalap atau  atau tertinggal 7 detik dari yang tercepat FP1  Nocolas Terol dari Mapfre Aspar team yang mencetak 2 menit 15.103 detik.   

Ada alasannya kenapa harus berharap pada Doni. Dia dibibit sejak pemula dari tim elit Indonesia. Sebelum ke GP250 waktu itu, Doni dididik dulu lewat All Japan Championship (AJC) dengan GP125. Dalam periode AJC itu dia dapat wild card GP125 di Sepang 2007. Usai itu ia langsung dipromosikan full series GP250 pada 2008. Pada 2009 kembali ia ikut world supersports 600 cc yang juga full series.

Apalagi Doni sering sesumbar di akun twitternya bahwa dialah bintang dari Indonesia yang perlu dihitung. ‘Lahir sebagai bintang, tetap menjadi bintang’. Kira-kira begitu bunyi tweet Doni sejak dia terpilih oleh Gresini ke Moto2. Ayo buktikan Don sesuai sesumbarnya sebagai bintang Indonesia.

Jauh dong dengan Topan yang saat ini di Moto2 berlabuh di tim padang pasir, QMMF Racing Team. Boro-boro kenal pengenalan duluan atmosfer dunia. Yang ia kenal hanya lomba internasional di Qatar dengan supersports 600 cc dan ARRC di kelas yang sama. Itu pun hanya setahun yang acak-acakan, karena tidak semua seri di Qatar dan ARRC berhasil dia ikut, karena berbagai masalah. Nah Topan di F1 di Austin ini berada ke-27 atau selisih 4 detik dengan peraih pole atau meninggalkan Doni 3 detik. Lumayan untuk seorang Topan yang akun tweeter saja nggak punya, kalee.

Di sirkuit Austin yang teknikal, bisa dilihat juga setingan yang dipilih keduanya. Topan sangat mengorbankan trek lurus (266 km/jam), tetapi dia lebih mementingkan ke-20 tikungan ketimbang top speed. Sedang Doni mengorbankan tikungan dan memilih top speed yang tinggi atau hampir 270 km/jam di trek lurus. Tetapi ini baru latihan bebas, masih ada sesi selanjutnya. Toh buat Topan tahun ini hanya belajar dan buat Doni targetnya jangan di belakang, karena pengalaman tadi.  Ito   

 

Berit Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

Moto2 Qatar 2013 (Race); Topan Dan Doni Masih ‘Ditarik-Tarik’ Motor

Moto2 Qatar 2013 Qatar: Espargaro Juara, Doni – Topan Kalahkan Rekan Setim

Moto2 Qatar 2013 QP; Slipper Clutch Masih Dipelajari Topan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353