nhk

Moto2 2013 Catalunya (Race): Espargaro Dominan, Replay Aksi Topan di TV

 

ManiakMotor – Tak seseru di Moto3 yang saling susul dan tarung rapat grup depan. Moto2 kali ini rada kering. Bukan karena lintasan kering, tapi dominannya tim Tuenti HP40 dalam race Moto2 di sirkuit Catalunya, Spanyol, 16 Juni 2013.

Dominasi tim pengusung sasis Kalex itu, khususnya Pol Espargaro, bikin tontonan pada raceday Minggu ini rada membosankan. Pol memimpin sejak awal start, sukses memaksimalkan pole position yang ia raih. Seteleah itu, rekan satu timnya, Esteve Rabat, memepet rapat sepanjang lomba namun tak sekalipun bisa melewti Pol yang memang pol-polan sejak sesi FP. Setelah duel panjang, baru lap ke-13 Rabat bisa melewati Pol dengan aksi hebat.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tiga pesaing dari negeri seberang macam Thomas Luthi (Swiss), Scott Redding (Inggris), dan Takaaki Nakagami (Jepang) tak bisa beri perlawanan maksimal pada dua rider tuan rumah itu. Bisa jadi mereka kalah kenal dengan Catalunya.

Di bagian lain, pembalap Indonesia Rafid Topan Sucipto sempat sejenak jadi perhatian penonton televisi yang menyiarkan langsung Moto2 ke seluruh dunia. Ia dapat slot liputan beberapa detik dalam bentuk replay kecelakaan yang ia alami di R3 pada lap 11.

Sangat jelas dikomentari soal aksi rider muda Indonesia itu yang direplay dalam momen gerak lambat. Badan dan motor Topan yang meluncur bersamaan jadi aksi yang bagus dan menjadi reputasi tersendiri juru kamera yang merekam momennya. Prestasi coy, karena tak mudah mendapat dan merekam utuh gambar semacam itu.

Bagi Topan, ini kali kesekian jatuhnya di Moto2 dan tetap sebagai pelajaran penting. Samalah dengan Marc Marquez yang awalnya juga jatuh mulu kok! Jatuh bagian dari pelajaran, tapi jatuh melulu juga, nggak boleh, Pan.

Balik ke Espargaro-Rabat. Keduanya masih saling susul di baris depan. Yang lain sudah tertinggal sekian detik. Last lap ada harapan Rabat bisa nekat menyalip Pol. Tapi itu tak dilakukan, karena di tikungan panjang Pol lebih cepat.  Pada akhirnya, ya mereka itulah yang pegang juara dan runner-up. Pol sebagai juara, Rabat kedua. Luthi menemani mereka ke podium.

Tanpa Topan yang sudah terjatuh, Doni selaku pembalap Indonesia terisa, sukses mencapai finish di urutan 22 dari 34 starter. Artinya, ada 12 peserta yang yang dirontokkan Doni. Tapi, itu bukan karena speed Doni yang luarbiasa, memang yang lain celaka seperti Topan dan gagal finish. Sebagai tambahan data, hanya 23 finisher di kategori ini. Apa pun ya selamatlah buat Doni yang belajar terus sepanjang karirnya. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

Moto2 2013 Catalunya (QTT): Espargaro Pole Sitter, Redding Dijepit Spanyol

Moto2 Catalunya Spanyol (FP3): Luthi Membaik, Yang Lain Saatnya Hati-Hati

Moto2 Catalunya Spanyol 2013 (FP2): Masih Espargaro, Dua Indonesia Susul Menyusul

BAGIKAN