nhk

Moto2 2013, Doni Tata Disepak Dari Gresini 2014, Program Beda Dengan Topan

 

 

ManiakMotor – Program dipilihnya Doni Tata oleh Gresini Moto2 pada 2013 baru mengapung sekarang. Beda dengan  Rafid Topan Sucipto di QMMF Racing yang diproyeksikan dengan program jangka panjang yang diawali kata ‘belajar’. Doni rupanya untuk jangka pendek. Maksudnya, tim Gresini dan di dalamnya ada Federal Oil, meminta akselerasi cepat di tahun pertama Doni.

Ternyata itu gagal dari kacamata Gresini yang telah lumutan di balap motor dunia. Buktinya,  Federal oil buru-buru tenkyu  pada Doni. Tenaga Doni tak dipakai lagi 2014.  “Terima kasih buat Doni Tata untuk usahanya 2013 di Moto2. Harapan kami ke depan dia bisa mengembangkan bakatnya,”  sebut Patrick Adhiatmadja, President Director and CEO of Federal Oil berbicara saat perpanjangan kontrak dengan Gresini musim 2014.

Walau Federal punya dana, namun harus tunduk juga pada kriteria Gresini. Doni bukan sosok yang dibutuhkan Gresini di Moto2. Singkatnya, Doni dianggap tidak memperlihatkan progress meningkat. Kendati di seri Australia, ia berhasil dapat poin 1. Naga-naga yang tidak bau naga, sebenarnya sudah diberi isyarat saat digantikan di Misano lalu.

Bisa jadi, pertama kali disodorkan oleh Federal Oil pada Gresini, ada argumen penguatnya sehingga Doni diterima. Misalnya, alasan saat di Yamaha periode full series 2008 di GP250, motor Doni saat itu tidak kompetitif. Maklumlah brosist, Yamaha tidak memproduksi motor GP250 ketika itu. Yamaha yang digunakan Doni semuanya kanibalisme pada 2008.

Dengan alasan itu, Gresini mempersilakan Doni untuk coba dengan speksfikasi Moto2 pakai mesin seragam produksi Honda, hanya beda sasis. “Seharusnya kesempatan yang kedua kalinya di karir Doni dimanfaatkan sebaiknya. Ia harus tunjukkan kemauan keras. Yang saya lihat, usaha itu sepotong-sepotong,” tutur mantan pengasuh Doni sejak menemukan bakat Doni di kelas pelajar road race yang dihelat VSC di Jogja akhir 90-an.

Siapa dia, tak mau disebut namanya. “Kalau nama saya, bebas disebut. Doni memang kurang menunjukkan semangatnya. Boleh dibandingkan dengan Topan yang jatuh bangun berusaha cepat. Pada diri Doni usaha itu yang kurang, terlalu main aman sehingga pengalaman untuk mendapat ilmu lebih cepat, tidak ia dapat. Jatuh adalah ilmu yang tak pernah diajari instruktur balap motor di mana pun. Artinya, sudah coba di atas limit,” jelas Petrus Tobun Canisius, mantan pelatih Doni.

Itu juga yang disorot Gresini, kemauan yang kurang. Itu sekaligus menguak proyek Doni di Gresini bukan untuk belajar. Karena itu tadi, Doni sudah dicap mantan pembalap prototipe yang otomatis punya pengalaman. Artinya bisa cepat diolah prestasinya dalam setahun. Tapi sekali lagi, itu tidak sesuai harapan Gresini seperti perjalanan prestasi Doni dalam 16 seri Moto2 2013. Doni pun sudah ada pengganti 2014 yang bernama Xavier Simeon di tim Gresini.

Sabar Don, itu pengalaman. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Gresini Keluarkan Doni Tata, Simeon Jadi Pengganti

Moto2 2013 Misano; Kata Mantan Pelatihnya, Doni Tata Sulit Berkembang, Wajar Digeser

BAGIKAN