nhk

Moto2 2013 Latihan Jerez (Test); Doni Dan Topan Adu Nasib Di Belakang

 

 


ManiakMotor – Judul itu bila disebut ‘Di Depan’ nggak mungkin to? Dibilang di tengah, juga masih mimpi untuk latihan resmi Moto2 di Jerez, Spanyol, 19 – 21 Februari 2013. Yang penting mimpi  Doni Tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto ke Moto2 sudah terjawab dan ikut full series Moto2 2013. Targetnya memang belajar dari belakang dulu, itu buat Topan yang baru tahun ini  ke prototipe Moto2.

Sedang Doni bila dihitung kasar mestinya sudah tahun ke-3, walau istirahat panjang sejak 2010 di dunia. Itu semua sirkuit pernah dilewatinya ketika menjalankan proyek Yamaha Indoprom 2007-2009. Pada 2008 Doni sepanjang musim ikut GP250 yang sekarang Moto2. Terus, 2009 doski ikut supersports 600 cc dunia. Jadi, bicara pengetahuan sirkuit tersebut sudah lumayan. “Tapi ini motor baru, teknologi 4-tak, beda dengan saya ikuti 2008 yang 2-tak. Saya harus belajar banyak,” kata Doni berkali-kali saat dia terpilih ke tim Gresini Moto2.              

Seperti yang dibilang para perumus balap motor. Ssst.. sengaja disebut perumus, karena sehari-hari mereka berurusan dengan balap dan pernah menjadi pembalap. Bahkan sudah mengatur mbahnya balapan di dunia seperti MotoGP. Itu dibanding penulis yang tahunya hanya menulis, naik motor saja masih fals. Apalagi menulis yang tidak baik, itu lebih mudah. Belum lagi tulisan model membatah, wah itu gagasan paling cetek. Lha, tinggal bantah, kok. Kan idenya dari yang dibantah, belum tentu bisa bikin gagasan sendiri seperti penulis artikel ini, hehehe.   

Kembali ke Topan dan Doni yang dibilang para perumus. Khusus Topan tahun pertama dari semua seri, tugasnya sebagai pembalap ‘pemula’ di prototipe disuruh menghapal semua sirkuit. Tentu juga belajar atmosfer balap motor dunia dan mengenal motornya sendiri. “Ini yang selalu ditanamkan pada Topan. Contoh Zulfahmi Khairuddin di Moto3, dia baru tahun ke-4 bisa bersaing. Seperti itu arah pembinaannya. Karena Khairuddin dari Malaysia itu diprogram seperti itu,” jelas Dyan Dilato, manajer pribadi Topan.

Minggu ini Topan akan mendapat pasokan mesin dan sasis 2013. Tetapi tiu nggak bakal ngaruh banyak. Sebab, kesimpulannya pada 2013 ini jangan berharap banyak. Tetapi boleh mendoakan keduanya segera beradaptasi. Juga Doni untuk mengingat ulang pegalamannya di GP250 dan supersports 600 dunia, kira-kira begitu skenarionya. Apalagi dalam sesi latihan di Jerez ini langsung 5 besar, waduh, berat minaaa. Nanti kasihan pembalapnya dengan berbagai argumen, lama-lama hanya dibilang alasan. Tetapi memang begitu perjalanan seorang pembalap, apalagi dari Indonesia yang lahir dari kejurnas balap bebek. Ito  

BERITA TERKAIT:

Moto2 2013 Latihan Valencia (Test); Doni Mempertajam Waktu, Topan Tunggu Mesin

Moto2 2013: Tes Hari Kedua Valencia, Doni Berkembang, Topan Tak Kelihatan

Moto2 2013 Latihan Valencia (Test), Rafid Topan Sangat Kedinginan, Dua Kali Out

 



 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353