nhk

Moto2 2013 Latihan Jerez (Test) Tanpa Doni, Topan Masih Adaptasi

 

ManiakMotor –  Pembalap Indonesia Doni Tata Pradita tak tampak mengikuti sesi pertama tes pra musim Moto2 2013 di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 Februari 2013. Rider nasional lainnya, rafid Topan Sucipto, tampil dengan 10 laps dan mengakhiri sesi ini di peringkat 26 dengan catatan waktu 2:03,112.

Belum ada konfirmasi ketiadaaan Doni kali ini. Tapi ini tes penting jelang kompetisi per April nanti, rasanya hal sia-sia bila tidak memanfaatkan sesi latihan. Apalagi, rekan sekaligus pesaing terdekatnya sesama pembalap Gresini Moto2, Ratthapark Wilairot, turut tampil dan sukses mencetak waktu 1:58,769 dan berada di peringkat 18.

Kalaupun Doni ikut, jelas masih tanda tanya besar apakah ia bisa mengimbangi catatan waktu Wilairot yang sesama pembalap Asia non Jepang. Pasalnya, pembalap kebanggaan Thailand itu menggunakan sasis dan racikan elektronik yang sama denganpacuan Doni. Soal mesin, kan sampeyan semua sudah tahu Moto2 semua pakai mesin Honda 600cc. Ratthapark bila dihitung-hitung satu angkatan dengan Doni, bedanya Doni berhenti setelah programnya mandek.

Belakangan memang ada yang ‘aneh’ pada pembalap senior yang pernah ikut GP 250 pada 2008 itu. Bukan karena ia kini sudah semakin jago di lintasan atau tahun depan punya potensi ke MotoGP hehehe. Akses komunikasi dari kru maniakmotor.com seperti dengan sengaja ditutup. Tak lagi semudah seperti awal-awal Doni dapat kabar pertama tes Moto2.  Mencermati kedekatan selama ini sepertinya mustahil jika inisiatif itu datang dari diri Doni sendiri.

Bisa jadi itulah efek dari adanya kepentingan berbeda dalam misi nasional untuk menginternasionalkan pembalap Indonesia.  Jujur saja, portal ini tidak membedakan Doni dan Topan, silaken you cek, keduanya diberitakan berimbang. Nggak hanya Topan atau nggak hanya Doni, sebab duet ini adalh aset kita, Indonesia. Memang itu misi yang seharusnya disupport oleh semua komunitas balap motor Indonesia, tentunya juga maniakmotor.com berikut segenap pembacanya.

Kata ‘bisa jadi’  berarti sifatnya sama dengan ‘mungkin’, mungkin Bro. Kalau istilahnya mungkin, itu artinya belum tentu benar dan belum tentu juga salah. Namanya juga rumor wkwkwkw. So, kita bicara fakta saja. Faktanya, Doni disesi awal ini tak punya waktu di Jerez. Kenapa dan bagaimananya, itulah yang dengan sungguh berat ingin kami minta maaf kepada sampeyan semua yang membacanya karena kami sama sekali tak tahu karena tak lagi bisa mencari tahu. Agak sulit informasinya karena Doni belumlah sekelas Scott Redding, Mika Kallio, atau Pol Espargaro yang sudah jagoan Moto2 tapi tak pilih-pilih media peliputnya. Tapi tunggu saja sesi 2, siapa tahu Doni nongol.

Di sisi lain, Topan masih butuh waktu untuk menyatu dengan pacuannya. Di Jerez, ia dijadwalkan tim QMMF pakai motor spek 2013 dan inilah kesempatan awalnya untuk beradaptasi. Di sesi pertama ini ia turun 10 laps dengan waktu terbaik seperti di atas. Dibandingkan fastest lap milik Redding (1:54,876) memang kalah jauh, yakni 8,236 detik. Hanya saja itu bukanlah pembanding yang wjar. Pasalnya Redding sudah kolotan di Moto2 dan salah satu favorit juara dunia musim ini. Nah, Topan ini, kan baru belajar brosist. “Tak lagi jatuh saja sudah berarti peningkatan lho!” kata Dyan Dilato dari Jerez, Spanyol yang kali mendampingi Topan dan mengabarkan Jerez lagi lembab.

Kalau dijawab geeetu kan enak.  Andro

BERITA TERKAIT:

Hasil Latihan Moto2 Jerez (Test), Spanyol 19 – 21 Februari 2013

Moto2 2013 Latihan Jerez (Test); Doni Dan Topan Adu Nasib Di Belakang

Moto2 2013 Latihan Valencia (Test); Doni Mempertajam Waktu, Topan Tunggu Mesin

Moto2 2013: Tes Hari Kedua Valencia, Doni Berkembang, Topan Tak Kelihatan

Moto2 2013 Latihan Valencia (Test): Doni & Topan Masih Berusaha


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353