nhk

Moto2 2013 Latihan Valencia (Tests); Doni Dan Topan Di Belakang, Masih ‘Pemula’

 


ManiakMotor – Rafid Topan Sucipto dan Doni Tata Pradita masih kejar-kejaran di belakang. Walau  keduanya punya progress sejak sesi pertama sampai ke-3 latihan pra musim Moto2, tapi harus belajar lebih giat. Testing ini berlangsung di sirkuit Valencia, Spanyol, 12-14 Februari 2013. Cerita ini juga hari pertama latihan atau  12 Februari.

Tidak ada yang langsung mahir dalam tahun pertama dan sesi latihan pertama  mengalahkan Pol Espargaro atau Thomas Luthi. Bayangkan, keduanya  telah jagoan membalap di kelas menengah prototipe itu. Sedang Doni dan Topan masih ‘ijo’, perlu menggali banyak soal motor, sirkuit dan berkompetisi dunia. Hayo, semangat! Tunjukkan kalian memang masih ‘pemula’, eh salah. Maksudnya benar-benar pemula, brosist.

Memang programnya di tahun pertama membiasakan dengan atmosfer Moto2. Beda pak nuansanya dengan IndoPrix, IRS dan ARRC sekalipun, di sini setiap pembalap saling kenal. Juga saling tegur sapa dengan kru sekalian. Datang ke duania Moto2, siape lu Nah, di situ mental yang cerita, untung saja bisa tahan gemetar. Toh, semakin lama berada di lingkungan tersebut, lambat laun makin TST alias tau sama tau. Sudah saling sapa dan mulai kenal  adat instiadat masing-masing pembalap sampai karakternya di luar dan di dalam sirkuit.  Itu namanya belajar kenal atmosfer. Tak kenal, tak sayang, kira-kira seperti itu…

Makanya, tahun pertama tim hanya membenani menghapal semua sirkuit yang pernah disinggahi serial Moto2 2013. Baru tahun ke-2 bicara target, ya 20 besar sudah bagus. “Banyak yang harus dipelajari, Mas. Saya memang pernah ikut GP250, tetapi jauh dengan Moto2 yang 4-tak. Latihan di Valencia ini akan berusaha mencari feeling sttingan, agar motor cepat kepegang,” jelas Doni yang membela Federal Oil Gresini Moto2 sebelum ia cabut ke Valencia tanggal 10 Februari kemarin.

Sama juga dengan Topan yang diinstruksikan untuk bermain ‘pakai otak’ ketimbang kebut-kebutan adu nekat. Sebab, sesi latihan di Valencia ini buat Topan untuk menyatukan gaya balap dari bebek dan supersports ke Moto2.  “Nekat dan nyali oke, tetapi tetap cerdik untuk perjalanan panjang tahun ini, itu yang penting. Ingat, tahun pertama untuk belajar,” kilah Bambang Gunardi, Kepala Derpartemen Olahraga Bermotor PP IMI yang menjembatani Topan bisa dapat jok Moto2 di QMMF Racing Team.   

Dari sesi pertama sampai ke-3, keduanya punya peningkatan, mampu memperbaiki catatan sesi latihan pertama. Doni mencetak 1:39.663 atau hanya ketinggalan 3.737 detik dari best time. Sedang Topan baru memperbaiki di sesi ke-3 dengan 1:41.431 atau masih lambat 2 detik dari best time Topan saat dia ikut seri akhir Moto2 tahun lalu di sirkuit ini.

Herannya setiap sesi, laps yang ditempuh Topan sangat sedikit. Sesi ke-3 hanya lima laps, sesi ke-2 ada 8 laps dan sesi pertama 4 laps.  Sedang Doni bisa 18 laps di sesi ke-2 dan sesi ke-3 hanya 10 laps, ada apa Don?  Padahal, untuk segera menyatukan dengan motor, lapsnya wajib sebanyaknya seperti janji Topan sebelum ke Valencia. Jangan-jangan Topan jatuh lagi, karena baru lap ke-5 sesi 3 catatannya melar 5 menit, habis itu hilang. Ya, tunggu lah berita dari Valencia. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil Moto2 2013 Valencia Test Dari Jam Ke Jam, 12 – 14 Februari 2013

Moto2 2013 Latihan Valencia (Test), Rafid Topan Sangat Kedinginan, Dua Kali Out

Moto2 2013: Latihan (Test) Valencia, Doni Tata Tertinggal 5 Detik, Topan Hanya 4 Laps

Moto2 2013 Test Valencia: Topan Fokus Hendling, Pusing-Pusing Sebanyaknya



BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353