nhk

Moto2 2013 Le Mans (Prancis): Ditendang Doni Tata, Rea Muncul Lagi Pakai Dana Patungan

 

ManiakMotor – Gino Rea adalah ‘korban’ kedatangan Doni Tata Pradita ke ajang Moto2. Kalah kencang fulus sponsor, Rea tertendang dari kancah kompetisi 2013. Memang sih belum tentu kalah skill.

Sepanjang musim 2012 bersama tim Gresini Moto2, performa Rea taklah buruk-buruk amat. Bisa mengoleksi 21 angka dan duduk di urutan 21 pula klasemen 2012. Jauh lebih baik dari Ratthapark Wilairot (Thailand), rekan setimnya yang sudah tahunan di Moto2 dan ada di urutan 27. Di GP Malaysia, Rea bahkan sempat memimpin balapan meski akhirnya ketiga.

Itu tadi, tanpa sokonan sponsor memadai, Rea harus menyingkir setelah Federal Oil yang jadi sponsor Gresini Moto2 memilih Doni Tata Pradita from Yogyakarta, Indonesia. Wilairot pun dipertahankan karena kuatnya dukungan Honda Thailand.

Di GP Prancis pekan ini dan mungkin pula di GP Inggris nanti, Rea kembali turun dengan jatah wild card.  Motivainya cuma satu, menunjukkan talenta yang ia miliki agar bisa dilirik untuk musim 2014. Uniknya, Rea bisa bertarung setelah mengumpulkan dana ‘recehan’ dari simpatisannya yang berjiibun di Inggris.

Biarpun wild card, ndak ada yang gratisan Bro! Anak kota London berusia 23 itu menuliskan hasrat besarnya untuk tetap bertarung di Moto2 lewat www.GinoReaClub.com dan memohon bantuan dana. Sumbangan pun berdatangan, mulai dari yang 10 poundsterling sampai ratusan.

Tak disebutkan berapa dana yang sudah terkumpul. Tapi, ditaksir bisa menyewa motor milik FTR dan kru tim untuk tarung di Prancis dan Inggris. “Saya tak menduga, ternyata begitu banyak yang masih menginginkan saya bertarung di lintasan. Kondisi fisik tak masalah karena saya rutin main motokros,” ujar Rea yang akan bertarung dengan nomor start 8. Beda satu angka dengan Doni yang punya nomor 7.

Nganggur di lintasan sejak November silam, Rea harus jalani adaptasi ulang dengan pacuan Moto2. Ia pun tak ingin memprediksi catatan waktu dan pencapaian di garis finish. Yang penting, muncul kembali dan berusaha semaksimal mungkin agar bisa membuat bangga para donaturnya. Meski tak sebut-sebut nama Wilairot dan Doni Tata, jelas dua nama itu jadi parameter Rea melakoni come back-nya. Asalkan finish di depan Wilairot dan Doni, bisa dibilang ia sah jadi pemenang. Yang membedakan hanya kantong,

Selain Rea, jatah wild card juga didapat pembalap Malaysia Hafizh Syahrin yang selama ini berkompetisi di level Eropa. Hafizh bukanlah nama asing di Moto2 dan balap motor Indonesia. Dia pernah setahun penuh main di supersports 600 IRS di Sentul. Tahun lalu ia bikin gempar GP Malaysia lewat pertarungan heroik sepanjang balapan.

Meski jatah wild card, saat itu ia mampu memberikan perlawanan alot pada pembalap pendatang. Sempat memimpin balapan, akhirnya finish di posisi 4. Dan, kali ini, Hafizh akan jadi lawan ideal pembalap tetangga macam Wilairot, Doni Tata dan Rafid Topan Sucipto. Jelas saja saat main di IRS itu, Hafiz nggak ada apa-apanya dengan Doni. Andro

Berita Terkait

Moto2 2013 Jerez: Rabat Semakin Hebat, Topan Jatuh

Moto2 2013 Jerez: Kali Ini Anak Spanyol Pegang Kendali, Anak Indonesia..?

Moto2 2013 Jerez (FP2): Anak Spanyol Makin Parah, Anak Tanjung Priok Nanjak Setapak

Moto2 2013 Jerez; Kecuali Balap Tidak Normal, Doni Dan Topan Berpeluang

BAGIKAN