nhk

Moto2 2013 Le Mans Prancis: Pole Position Milik Asia, Sayangnya Bukan Topan atau Doni

ManiakMotor – Kejutan sangat besar terjadi di sesi QTT Moto2 yang dipenuhi para pembalap muda bernyali besar. Pole position lari ke pembalap Asia di tengah hebatnya rivalitas rider Spanyol, Inggris dan Swiss.

Hebatnya lagi, kali ini tak ada pembalap Spanyol ke 3 Besar. Setelah tampil cemerlang ejak seri pembuka, akhirnya pembalap Jepang Takaaki Nakagami sukses meraih tercepat di Le Mans. Ia kalahkan Scott Redding (Inggris) yang sebenarnya sangat dominan sepanjang tiga sesi latihan awal sebelum QTT. Di akhir sesi QTT, Redding harus akui kelincahan anak Jepang andalan tim Italtrans Racing Team itu dengan selisih waktu 0,350 detik.

Kejutan berikutnya dibuat rider tuan rumah Prancis lewat Johann Zarco, yang menempati urutan 3. Beda dengan sesi-sesi sebelumnya, gerimis menghiasi pertarungan di QTT Moto2. Meskipun hujannya tak besar dan tak memerlukan wet tyres, ternyata itu menyulitkan anak-anak Spanyol. Rider Spanyol terbaik dan menempati peringkat 4 adalah Esteve Rabat (Tuenti HP40) yang memang hebat di beberapa sesi sebelumnya.

Sukses Nakagami tak tertular pada rider Asia lainnya. Termasuk empat warga Asean macam Rattapark Wilairot (Thailand), Hafizh Syahrin, dan duo Indonesia Doni Tata Pradita serta Rafid Topan Sucipto. Wilairot melorot ke urutan 28 setelah di sesi FP3 bisa bermain di urutan 19.  Doni dan Topan tetap di posisi awalnya. Hanya Hafizh yang bis sedikit naik ke urutan 25.

Meski tetap di buntut, performa Doni dan Topan sebenarnya membaik dibandingkan race sebelumnya. Kalau tempo hari mereka kalah sampai 5 detik koma dari tercepat, kini rata-rata ketertinggalannya hanya 3 detik koma sekian. Di ajang balap, peningkatan performa itu dilihat dari sana. Bukan semata dari urutannya. Begitu Masbro, jadi tetaplah belajar Doni dan Tata. Tak usah jauh lihat contoh,cukup Nakagami saja. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

Moto2 2013 Le Mans Prancis (FP3): Dominasi Redding Terputus, Doni-Topan Tetap Belajar

Moto2 2013 Le Mans (FP2): Redding Masih Depan, Doni-Topan Tetap Belakang

Moto2 2013 Le Mans (FP1): Di Bumi Prancis, Doni+Topan Bersaing Dengan Syahrin

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353