nhk

Moto2 2013: Mental Rafid Topan Kian Terasah, Ada Progres Waktu Walau Tetap Buntut


ManiakMotor –  Sebagai pembalap harapan masa depan, tentu tak bisa melihat performa Rafid Topan di ajang Moto2 saat ini hanya dari urutan finish-nya. Ada aspek lain yang layak dicermati.

Untuk para pembalap mumpuni yang bertarung dalam perebutan poin, urutan jelaslah berpengaruh. Urutan itu yang mengatur distribusi poin kepada 15 pembalap terdepan.

Beda dengan Rafid Topan Sucipto yang murni cari pengalaman di tahun pertamanya bersama QMMF Racing Team. Ia belum ditarget untuk ikut berebut poin. Tolok ukur suksesnya bukan di situ, tapi progress dari waktu ke waktu.

Contoh nyata di tiga sesi FP GP Amerika, Texas. Dari urutan, jelas acak kadul dan tetap di barisan buntut. Kecuali di FP 1 yang lumayan punya karena ada di urutan 27. Tapi, sekadar info, itulah  catatan waktu terburuk Topan di tiga FP.

Di FP1, anak kampong Warakas, Tanjung Priok Jakarta Utara itu cetak waktu 2:19,446 dengan top speed 266 km’jam dan ada di urutan 27. Di FP2, ia melajulebih cepat, 2:18,182 dengan top speed 267 namun berada di urutan 32. Di FP3, ia makin cepat lagi, 2:17,408 dengan kecepatan maksimal 268 km/jam dan duduk di posisi 31. Itu pun karena satu pembalap, Thomas Luthi, batal meneruska balapan karena belum sembuh betul dari cederanya. Andai Luthi ambil waktu, tentu Topan di tempat biasanya, 32.

Dari situ terlihat jelas progress Topan dalam mempercepat laju motornya. Sayangnya, yang lain pun mengalami kemajuan yang sama. Lain soal kalau kecepatan Topan tak ada perkembangan dari satu sesi ke sesi lainnya, atau lebih buruk lagi justru makin lambat.

Manajemen QMMF sendiri melihat kemajuan Topan di Austin sebagai satu hal yang layak diapresiasi. Meski sangat sulit menyusuri 20 tikungan dengan karakter sirkuit anticlockwise itu, Topan terlihat pantang menyerah untuk belajar dan belajar. Mental dan kepercayaan dirinya pun mulai tumbuh dengan keberanian membuat target bagi dirinya sendiri.

“Sangat sulit mempelajari karakter Austin. Saya sungguh kesulitan dengan model-model tikungannya yang rapat dan kemudian berlanjut dengan trek lurus tapi pendek. Tapi, saya yakin bisa mempertajam waktu di sesi berikutnya,” janji Topan.

Janji seperti itulah yang patut digarisbawahi. Itu wujud sikap mental dan kepercayaan dirinya yang mulai tumbuh. Dan, terpenting, janji itu ia wujudkan degan tampilan yang lebih baik.

Nah, begitu dong Pan! Ayo dah gaspol lagi di QTT!

Oh iya Brosist, untuk hasil lengkap FP 3 langsung saja menuju RESULT ya. Kan lebih lengkap di situ, termasuk posisi akhir Doni Tata Pradita hehehe. Masih buntut juga, nggak yaaaa? Kasi tau nggak yaaaa? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

Moto2 2013 Austin (FP2): Redding Terdepan, Topan Balik Belakang

Moto2 2013 Austin FP1; Topan Ke-27, Doni Nomor Dua Dari Belakang

Moto2 Qatar 2013 (Race); Topan Dan Doni Masih ‘Ditarik-Tarik’ Motor

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353