nhk

Moto2 2013 Silverstone Inggris FP2; Doni Tata Dan Rafid Topan, ‘Belajar’ Sirkuit Cepat

ManiakMotor – Free practice 2 Moto2 di Silverstone, Inggris, Jumat 30 Agustus 2013 kembali jadi tempat harus diajari dua pembalap Indonesia. Kalau sebut belajar kan sudah, tinggal tergantung yang mengajari. Rafid Topan dan Doni Tata, tak banyak bergerak dari urutan buncit. Tetapi, tetap jangan kendur yang namanya belajar. Belajar adalah butuh pengorbanan. Kolo di balap motor, ya berkorban diasapi kontestan yang mahir.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Rupanya pembalap Asean termasuk Thitipong Warakorn dari Thailand bersama Doni dan Tata, eh  Topan, rada ‘ngeper’ dengan kecepatan Silverstone. Ketiganya nyaris tertinggal 6 detik dari yang tercepat di FP2. Warakorn walau bisa di atas Doni dan Topan, tapi ia tertinggal 5 detik. Ini tidak biasanya terjadi dari sirkuit-siekuit sebelumnya hanya berselisih 4 detik. Wah gede juga.

Bandingkan dengan urutan 30 yang diduki Dani Rivas dari Spanyol yang hanya tertinggal 2.9 detik. Itulah pelajaran ke sirkuit cepat yang harus dipetik Doni dan Topan. Bahwa balap butuh nyali kencang-kencangan sembari menikungan alias rolling speed. Kita tunggu saja FP3 apa keduanya bisa mempersempit ketertinggalan.

Sesi FP2 ini yang tecepat adalah Johan Zarco yang membela Came Iodaracing Project dengan 2:08.209. Ia ditempel ketat pemain Asia lain tapi bukan dari Asean. Ialah Taaki Nakagami yang dua seri lalu cemerlang permainannya. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone Inggris 2013, Semua Sesi & Kelas, 30 Agus – 1 September  

Moto2 2013 Silverstone Inggris (FP1); Doni Tata Dan Rafid Topan, Topan Lebih Cepat

Moto2 2013 Brno Ceko (Race): Doni Tata Dan Rafid Topan, Lebih Kencang Motor Dari Skill

BAGIKAN