nhk

Moto2 2013 Tes Jerez: Ada Kemajuan Topan dan Doni, Ada Pula Yang Kurang


ManiakMotor – Sesi pertama tes para musim Moto2 di Sirkuit Jerez, Spanyol, baru saja usai. Dua rider Indonesia, Rafid Topan Sucipto (QMMF Racing Team) dan Doni Tata Pradita (Federal Oil Gresini Moto2) masih jalan di tempat. Ya memang begitu untuk tahun pertama ini.

Dari 31 joki, Doni finist tercepat di urutan 30 sementara Topan di urutan 31. Doni tertinggal 4 detikan dari Esteve Rabat (Tuenti HP 40) yang mengembat waktu tercepat  1:43,837. Sedangkan Topan tertinggal 5,463 detik.

Rabat, seperti halnya Pol Espargaro yang jadi rekan setimnya di Tuenti HP40 yang jadi pembalap kedua tercepat. Keduanya jelas sekali bukan lagi beradaptasi di kegiatan ini. Mereka sudah berancang-ancang bikin prestasi. Khususnya Espargaro yang jadi kandidat juara 2013.

Bedalah dengan Doni, dan terlebih lagi Topan. Ya, jadi masih wajar sajalah kalau tertinggal cukup jauh. “Program Topan yang penting dia bisa memahi perintah tim. Tidak ada terget apa-apa. Yang penting langsung bisa menguasai teknik dasar membawa motor semi moge ini. Itu yang sedang diajari pada dirinya,” bilang Dyan Dilato, menajer tim pribadi Topan yang berhalangan hadir di Jerez. 

Kalau Rabat selesaikan 23 lap dan Espargaro 18 lap, idealnya Doni dan Topan harusnya hantam lebih banyak putaran. Kan katanya lagi belajar Bro! Tapi, entah masalah apa, Doni bisa selesaikan 15 lap sedangkan Topan hanya 6 lap. Semoga saja itu karena kendala teknis dalam tim, bukan problem pribadi seperti adaptasi cuaca yang kurang seperti tes sebelumnya di lokasi sama. Catatn waktu keduanya pun belum sebaik tes bulan lalu.

Dari segi posisi tak ada kemajuan berarti di tes hari pertama ini dibandingkan tes sebelumnya. Tapi, dari segi mental, ada kemajuan berarti dari seorang Rafid Topan Sucipto. Dengan bahasa Inggris pas-pasan, anak Warakas, Tanjung Priok, ini lagi-lagi berangkat ke Spanyol seorang diri. Ia sangat percaya diri dan punya nyali menghadapi semua rintangan agar sampai ke tujuan. Kalau Doni, kan sudah punya pengalaman bos, jadi sudah agak terbiasa.

Sayangnya, Topan dan Doni masih tampak berkeliaran di Sirkuit Kecil Sentul, Jumat (15/3) saat seri pertama IP2013. Padahal menuju Spanyol pada malam harinya. Dari aspek ini, terbilang nekat. Perjalanan panjang itu tentu menguras stamina tersendiri sementara jadwal tes berlangsung Senin. Praktis hanya Minggu kesempatannya memulihkan kondisi dari serangan jetlag sekaligus beradaptasi dengan perubahan cuaca. Ya ndak tahulah apakah itu sebabnya Topan dan Doni di belakang?  Andro

Berita Terkait

Hasil Latihan Tes Jerez Moto2 2013, Spanyol, 18 – 20 Maret 2013

MOTO2 2013; RAFID TOPAN DISEMANGATI AHOK, WAKIL GUBERNUR DKI

MOTO2 2013 LATIHAN JEREZ (TEST): HUJAN TAK BANYAK PEMBALAP TURUN, TOPAN KE-12, DONI TAK KELIHATAN

MOTO2 2013 LATIHAN JEREZ (TEST): TOPAN PERBAIKI WAKTU, DONI TERTAHAN

MOTO2 2013 LATIHAN JEREZ (TEST): ESPARGARO LAMPAUI REKOR, DONI-TOPAN MASIH BELAKANG

 

BAGIKAN