nhk

Moto2 2013 Test Valencia: Topan Fokus Hendling, Pusing-Pusing Sebanyaknya

 

ManiakMotor – Perginya Rafid Topan Sucipto untuk latihan resmi pra musim di sirkuit Valencia, Spanyol 12 – 14 Februari 2013 ini, untuk membiasakan power Moto2 bersama hendlingnya. Sesuai pengakuannya sebelum bertolak untuk testing, harus banyak mempelajari ‘tarik-tarikan’ motor. Karakter itu yang belum dia dapat sejak ikut seri terakhir Moto2 di sirkuit ini juga dan dilanjutkan latihan di sirkuit Almeria, Spanyol.

Seperti cerita Topan, motor Moto2 lebih mudah dimiringkan dari pada supersports. Supersports di tikungan, harus pakai tenaga sendiri untuk ‘menidurkannya’.  Sedang Moto2 dengan gerakkan saja akan ngikut. “Tapi, ada tapinya, saat miring itu kecepatannya harus terus diberi terus. Itu sama dengan mengurut tenaga sesuai kecepatan tikungan. Memberi tenaganya pun  halus, karena tenaga besar dibanding supersports. Cara ini yang akan saya tingkatkan dalam latihan di Valencia. Caranya harus dapat sebanyaknya lap,” jelas Topan di kantor PP IMI Senayan, Jakarta Selatan, saat pamit latihan. Maksudnya, nanti ia akan lebih banyak ‘pusing-pusing’ sampai paham karakter motornya.

Asal tahu saja, Topan pegang supersports baru 2012, itu pun tidak rutin, karena terkendala teknis. Di pertengahan seri event Asia Road Racing Championship tahun lalu, dia pernah digantikan Doni Tata. Apalagi bicara motor Moto2 yang tiba-tiba dia dapat jok ‘hadiah’ dari QMMF Racing Team milik Qatar tersebut. Menurut Topan, saat pertama dia pegang Moto2, semua instruksi dari pelatih QMMF begitu sulit dijalankan, karena karakter motornya jauh berbeda. Dia hanya bisa nekat, gasss pollll rem tetap.

Tetapi,  saat latihan di sirkuit Almeria bersama Anthony West usai lomba di Valencia, dia mulai merasakan karakter bodi Moto2.  Waktu  hujan, justru catatan waktu Topan lebih cepat dari pembalap Australia tersebut, asli. Sebenarnya, saat sirkuit basah alias licin kemampuan itu sudah diperlihatkan Topan di seri akhir Moto2 Valencia. Dia sempat 24 besar dari 30 pembalap dan tercepat ke-17. Sayang dia baru pertama pegang motor milik QMMF dan bingung harus berbuat apa. Catatan terbaik Topan di Valencia adalah 1’38.982.

Toh, target Topan bukan untuk tahun ini. Programnya dipatok 4 tahun di QMMF. Tahun pertama dia hanya disuruh mempelajari motor dan semua sirkuit yang dilewati serial Moto2. Tahun ke-2 target meningkat untuk masuk 20 besar, tahun ke-3 bisa 15 besar dan tahun ke-4 adalah 10 besar. “Sebab tidak ada pembalap baru dari antah berantah, langsung memimpin di depan. Semua lewat proses. Tapi itu pun tetap dipantau dalam dua tahun ini,” ingat Dyan Dilato, manajer pribadi Topan yang berhalangan ikut mendampingi Topan ditesting Valencia ini.

Tunggu saja hasil latihannya. Ya, kalau lebih cepat lebih bagus. Apalagi tiba-tiba dalam latihan ini mengalahkan Pol ESPARGARO misalnya. Hehehe, mimpi kamu, iya kamu maniakmotor.com. Ito  

BERITA TERKAIT:

Hasil Moto2 2013 Test Valencia Dari Jam Ke Jam, 12 – 14 Februari 2013

Moto2 2013: Gara-Gara Doni Tata, Gino Rea Nganggur

Moto2 2013; Rafid Topan Pamitan Di IMI, Latihan Di Valencia 14 Februari

Moto2 2013; Tujuh Sponsor Indonesia Pendukung Rafid Topan

Doni Tata Tes Moto2 2013 Di Almeria Track. Motornya Free Engine Brake

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353