nhk

Moto2 2014 Qatar: Nakagami Didiskualifikasi, Gara-Gara Filter Udara

 

ManiakMotor – Serunya partai balap Moto2 juga disertai perdebatan seru di luar balapan. Gara-garanya Race Direction alias Pimpinan Lomba menganulir penampilan hebat Takaaki Nakagami di Losail.

Tampil gagah berani, cerdik dan cepat membawa rider Jepang itu mencapai podium GP Qatar sebagai runner-up. Ia sempat menerima piala dan senyam-senyum ceria kala berfoto ria.

Sial, malamnya datang berita duka. Bukan kabar buruk dari kampung halamannya, tapi berita soal dirinya yang didiskualifikasi pihak berwajib di GP Qatar, maksudnya para pengatur lomba, bro!

Gelar podium dua rider muda Idemitsu Honda Team Asia itu dicabut karena dinyatakan salah menggunakan saringan udara pada pacuannya. Yang dipasang teknisi timnya ketika lomba dinilai tidak standar. Barang itu tak sesuai dengan part yang disuplai panitia. Ada peningkatan dalam menyuplai udara atai tidak, itu salah, tidak sesuai aslinya.

Tim Idemitsu segera melayangkan protes, tapi secepat itu pula panitia menolaknya. Nakagami pun harus gigit jari karena kehilangan 20 poin yang didapatkan dengan penuh perjuangan. Mika kallio dan Thomas Luthi pun ketiban untung, naik jadi runner up dan pemenang ketiga.

Di seri pembuka GP Qatar, penalty point yang diberlakukan sejak musim lalu pun mulai makan korban. Sandro Cortese dihukum karena melambatkan motornya di racing line saat QTT belum selesai. Aksi itu membuat dua pembalap di belakangnya tubrukan dan jatuhlah mereka. Setelah itu Xavier Simeon menerima ganjaran serupa karena memaki-maki dan mendorong Josh Herrin saat terjadi kecelakaan di lap pertama yang melibatkan empat pembalap.

Mereka berdua dikenai satu angka hukuman yang  diakumulasi sepanjang musim ini. Jika jumlahnya sudah 10, hukumannya adalah dipecat sebagai konstestan. Andro

BACA JUGA

Moto2 2014 Losail Qatar Race: Rabat Nomor Satu, Malaysia Belasan

MotoGP 2014: Lorenzo Akui Bikin Salah Di Qatar, Ban Belum Panas

MotoGP 2014: Marquez Ketagihan Melawan Rossi

MotoGP 2014 Asia Talent Cup Losail Qatar; Pembalap Indonesia Ke-10

MotoGP 2014 Losail Qatar (Race): Mulai Main Aman, Pedrosa Puas Nomor Tiga

 

 

 

BAGIKAN