nhk

Moto2 2014 Sepang (Race): Rabat Jurdun, Langsung Pakai #1

 

ManiakMotor – Fight sejak sesi latihan, kualifikasi dan 10 lap awal raceday, akhirnya Esteve Rabat harus mainkan ilmu cari aman dalam 8 lap terakhir Moto2 GP Malaysia, minggu (26/10). Hasilnya: juara dunia 2014.

Jauh hari sebelumnya ia memang bilang kemenangan di Sepang adalah cara terbaik menjadi juara dunia 2014. Itu pula yang ia upayakan sejak sesi awal dengan predikat tercepat di semua sesi. Pada raceday Minggu (26/10) pun rider Spanyol itu ngotot tampiljdi juara. Start sebagai pole sitter, anak tim Marc VDS Racing itu langsung melejit tak terlawan. Tak sekalipun Mika Kallio yang jadi rival terdekatnya mampu menyalip. Hanya bisa mendekat.

Entah lagi ngelamun jadi jurdun atau ingat bapak ibunya yang nonton langsung ke Sepang, eh tiba-tiba saja motor Rabat melebar di sebuah tikungan pada lap ke-10. Seketika Kallio dan Maverick Vinales mengambil alih posisi. Dan, sejak saat itu tak lagi terlihat perjuangan Rabat menjuarai GP Malaysia edisi tahun ini. Ia putuskan main-main di posisi ketiga, toh hanya finish di urutan 7 saja sudah cukup baginya menjadi juara dunia.

 Vinales dan Kallio yang tark-tarikan di depan Rabat, beberapa kali saling salip sampai akhirnya Vinales yang finish duluan. Bat kallio finish juara ataupun runner up sama saja, tak lagi bisa menolongnya menunda gelar jurdun Rabat.

Mengenakan kostum jurdun 2014 yang sudah disiapkan tim, Rabat kemudian lakukan lap victrory dengan mengubah nomor startnya dari 53 menjadi 1.  Bisa jadi #1 akan ia gunakan musim depan untuk kali pertama di kancah Moto2. Rabat ingin ogah naik ke MotoGP dan ingin mempertahankan gelar di Moto2.

“Selama ini juara dunia Moto2 langsung naik ke MotoGP. Saya ingin jadi pembalap pertama yang mempertahankan gelar,” kata Rabat yang kini mengoleksi poin 326. Unggul 37 angka dari Kallio sehingga di seri pamungkas GP Valencia tinggal menunggu pengukuhan resmi jadi jurdun 2014.

Sebelumnya gelar dunia MotoGP sudah diambil Marc Marquez, sahabat kental Rabat. Tinggal tunggu gelar Moto3 yang kandidat kuatnya adalah Alex Marquez, rekan setim Rabat pada musim 2015. Benar-benar hebat kan trio anak muda Spanyol itu! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

Hasil MotoGP Sepang Malaysia Semua Kelas Dan Sesi 24 – 26 Oktober 2014

 

BAGIKAN