nhk

Moto2 2014 Test Pramusim 2015 Valencia: Rabat Tercepat, Marquez Terjatuh

 

 

ManiakMotor – Sebagai juara dunia Moto2 2013 tak heranlah kalau Esteve Rabat tercepat dalam tes Moto2 di Sirkuit Valkencia, Spanyol, Senin (17/11). Apalagi motornya pakai sasis dan sejumlah onderdil baru. Mesin 600 cc dan onderdilnya telah menyatu dengan Rabat, ini tahun ke-3 dia di kelas menengah.

Rabat yang ogah naik ke MotoGP dan lebih suka di Moto2. Lebih  happy dengan tekanan yang kurang, hehe. Motornya untuk versi 2015 ada perubahan dari sasis Kalex. “Kami menguji banyak area macam sasis, suspensi, pengereman, sampai pada posisi duduk. Pokoknya  semua bagian yang kami anggap bisa dikembangkan lagi untuk menambah kenyamanan, sehingga kecepatan juga bertamab,” ucap Rabat yang bikin fastest lap 1:35.287.

Ia mengalahkan musuh-musuh regular di Moto2 dan masuk 5 Besar macam Jonas Folger (AGR Kalex), Takaaki Nakagami (Honda Team Asia Kalex), Luis Salom (Pons kalex), dan mantan rekan setim Mika Kallio (Italtrans Kalex).

Sayang, rekan barunya di tim Marc VDS Racing, Alex Marquez, masih penyesuaian. Juara dunia Moto3 2014 yang baru naik pangkat ke Moto2 itu terguling di R5 pada sesi sore. “Ini kecelakaan pertama di Moto2, tapi saya enjoy dengan suasana tim baru. Saya ingin berkembang dari tahap satu ke tahap berikutnya,” papar adik kandung Marc Marquez itu yang  mengakhiri hari pertama tes di urutan 13, tertinggal 1,5 detik dari Rabat sang senior.

Kepala Mekanik Naoya Kaneko memuji penampilan awal Alex yang cukup konsisten. Ia sendiri mengakui dalam taraf pengenalan pada karakter dan riding style pembalap berumur 18 tahun itu. “Kami tengah menganalisa apa yang dibutuhkan Alex agar lebih nyaman di atas motor. Soal kecelakaan, itu akan jadi pelajaran tersendiri. Itu contoh perbedaaan karakter motor di Moto2 dibandingkan Moto3, dan itu sangat penting,” kata Kaneko.

Maksudnya, jatuh itu ilmu alamiah. Jatuh tanda Alex sudah bermain di atas limit. Ia butuh skill tambahan dibanding menggeber Moto3. Kan makin bertambah power yang dipegang, skill juga harus ditambah bro. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Brno Paling Hot, Losail Paling Buruk, Faktor Rossi – Marquez

Rafid Topan Dan Nurgianto: Terhenti Di Kualifikasi FIM CEV Repsol Di Valencia 2014

MotoGP: Lorenzo Anggap 2014 Sebagai Pengorbanan, 2015 Membayarnya

MotoGP 2015: Di Atas RCV 2015 Sebenarnya Pedrosa Lebih Mantap

 

BAGIKAN