nhk

Moto2 2015 Motegi (FP1): Rabat Mundur, Jurdun 2015 Pasti Buat Zarco

 

ManiakMotor – Hanya butuh 15 menit buat Johann Zarco melakukan mapping sirkuit di sesi FP1 Motegi. Masuk lagi dengan setingan baru, anak Prancis itu langsung bikin 1:51,795 yang kemudian jadi pace setter, menjadi patokan rider lain untuk disikat.

Saat bersamaan,Tito Rabat yang jadi pesaingnya di klasemen juga turun ke lintasan. Best lap-nya terpaut 5,3 detik dari Zarco, tak lain karena cidera patah tulang tangan krinya saat latihan di Sirkuit Almeira, Spanyol, pada Senin lalu. Hari itu juga ia jalani operasi di Barcelona dan sebatang metal harus dipasok untuk menyambung tulangnya. Kasusnya mirip dengan sahabat karibnya, Marc Marquez, yang juga patah tulang.

Ternyata, cidera yang baru beberapa hari masih terasa sangat menyakitkan saat Rabat coba turun gelanggang. Di tengah sesi FP1 masih berlangsung, ia dan petinggi tim Marc VDS Racing ambil keputusan berat: mundur dari seri Motegi.

Pengunduran diri Rabat membuat  Zarco sudah mendapuk gelar juara dunia 2015, justru sebelum balapan di Motegi. Ia otomatis jadi penguasa 2015, hasil di tiga seri sisa tak lagi berpengaruh. Maklum, saat ini Zarco sudah unggul 78 poin atas Rabat.

Alex Rins yang berada di posisi ketiga klasemen saat ini sudah tertinggal 100 poin dari Zarco. So,cukup dapat 1 poin atau finish ke-15 saja di Motegi, maka Zarco sudah boleh pulang dengan status juara dunia 2015.

Di akhir sesi FP1, Zarco memang mampu dilewati Thomas Luthi yang jadi pembalap tercepat. Catatan waktu Zarco disikat lebih cepat 0,012 detik. Posisi ketiga dihuni Sandro Cortese. Tapi, apalah artinya formasi itu buat Zarco. Yang ia butuhkan saat ini hanyalah menghindari kecelakaan dan nikmati raceday pada Minggu (11/10) nanti karena mahkota jurdun sudah menanti. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi Jepang, Moto2, Moto3, Spanyol, 9 – 11 Oktober 2015

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

BAGIKAN