nhk

Moto2 2015 (Tes Valencia): Marquez Bimbing Marquez, Teknik Khusus di Tikungan

ManiakMotor – Transisi Alex Marquez dari Moto3 ke Moto2 terganjal sejumlah masalah. Sang abang, Marc Marquez, pun wajib turun tangan.

Urutan 24 tercepat dari 27 pembalap dalam tes hari pertama Moto2 di Valencia jelas bikin risau. Sama sekali tak mulus jika dibandingkan masa-masa Marc dari 125 cc ke Moto2, apalagi saat naik ke MotoGP dan kemudian jadi juara dunia termuda dalam sejarah. “Naik motor Moto3 yang powernya hanya 50 bhp berbeda dengan Moto2 yang tenaganya dua kali lipat. Saya harus ubah gaya balap,” ucap Alex yang juara dunia Moto3 2014 dan bikin rekor dua bersaudara jadi jurdun di tahun yang sama.

Perbedaan terbesar ada di tikungan. Di Moto3 harus cicil pengereman dengan lembut maka di Moto2 memungkinkan untuk late braking dengan keras. Tapi, karena belum terbiasa, Alex kesulitan mengontrol roda depan. Ia tak bisa menahan motor pada racing line. Istilahnya, motor belum nurut pada maunya joki. Itu terjadi selain karena power, juga karena bobot Moto2.

Lain lagi ceritanya saat keluar tikungan. Moto2 punya karakter tersendiri di mana roda belakang harus digeser-geser dikit saat keluar tikungan. Satu hal yang tak biasa dilakukan di Moto3 karena keterbatasan tenaga mesin.

Alex akui terima bimbingan dari Rabat yang juga sohib Marquez bersaudara. Dan sejak tes Moto2 di Valencia lalu ia juga slalu dibimbing Marc yang gaya Moto2-nya terbawa ke MotoGP dan punya andil tersendiri dalam melibas tikungan.

Salah satu ilmu terpenting yang diajarkan Marc adalah memaksimalkan peran siku tangan untuk atur stabilitas dan laju motor saat menikung. “Saya tengah mencoba lakukan apa yang ia anjurkan. Agar bisa mengimbangi rider Moto2 yang lebih berpengalaman,” kata Alex.

Nah, gitu dong adik nurut abang! Andro

BACA JUGA

Moto2/Moto3 2015 (Tes Valencia): Zarco Sikat Rabat, Marquez Masih Loyo

MotoGP 2015: Kisruh GP Inggris, CoW Bantah Tak Mampu Bayar Donington

MotoGP 2015: Kisruh GP Inggris, Sirkuit Donington Batal Jadi Penyelenggara

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang2: Bradl Masih Atur Geser-Geser Bandannya Degan M1 Open Class

 

 

 

BAGIKAN