nhk

Moto2 2017: Andi Gilang Ikut Moto3 Eropa, Latihan di Sentul, Tembus 56 Detik

Andi Gilang, Moto3, Eropa

 ManiakMotor – Sedikitnya ada dua pembalap Indonesia membalap di benua biru, tahun ini. Selain Dimas Eky yang membidik moto2 seri Eropa, satu lagi Andi ‘Gilang’ Izdihar bermain di moto3. Berbekal peringkat 3 di event ATC (Asia Talent Cup) 2016, kelahiran 14 Agustus 1997 di Bulukumba, Sulawesi, ini sangat tepat memilih seri Eropa moto3. Dan Andi juga berada di sirkuit Sentul kecil, dalam rangka mengasah ketrampilan.

Prestasi Andi di ATC 2016 cukup menggembirakan. Seandainya, pembalap 19 tahun ini tidak terjatuh di race 2 pada dua tikungan terakhir di seri terakhir di sirkuit Sepang, Malaysia, akhir Oktober bisa dipastikan juara umum ATC.

Padahal, setelah memenangkan race 1, Andi menduduki peringkat teratas sementara dengan 167 angka, dibayang ketat Oi Ogura dengan 160 dan Somkiat Chantra 153. Dengan finish keempat di race 2 saja, ia sudah pasti juara umum.

Sebab, Ogura sudah terjatuh di race 2 dan Andi memimpin lomba di atas trek yang licin. Malang tak dapat ditolak, Andi terlempar dari motor saat lomba udah mau selesai. Akibatnya, ‘Pole Man’ – begitu Andi dijuluki – harus merelakan juara umum direbut pembalap Thailand Somkiat.

Kendati vakum, Andi tetap rajin latihan menjaga kelenturan tubuh. Seperti dilakukan hari ini (13/1-2017) di Sentul kecil. Ia tampil menunggang Honda bersasis Moriwaki atau GP Mono milik 43 Racing School. Speknya hampir mirip sama Honda NSF250R yang dibalapin di Moto3 atau ATC. Untuk sekali putaran, ia melesat 56 detik. Ok, selamat berlatih Andi. Ito

BAGIKAN