nhk

Moto2 2019; Membawa Mesin Triumph, Mirip Riding Style MotoGP, Jenjang Tepat..!

ManiakMotor – Tentu yang memiliki kapasitas bicara pembalap yang pernah di Moto2 dan MotoGP. Tentu saja di Moto2 menggunakan mesin Honda seperti 2018 ke bawah. Lalu 2019 pakai Moto2 yang menggunakan mesin Triumph. Karena dialah yang bisa merasakan perbedaannya.

Dan itulah Sam Lowes dan Thomas Luthi yang pernah di MotoGP. Khusus Lowes 2017 dia di MotoGP dan 2018 dengan Moto2 pakai mesin Honda 600 cc. Kemarin akhir November 2018 saat test resmi Moto2, Lowes menggunakan mesin Triumph 3 silinder 765 cc dengan elektronik tunggal Magneti Marelli, “Membawanya sudah hampir mirip menggunakan MotoGP. Terutama torsinya yang ngaruh pada akselerasi,” kata Lowes yang orang Inggris itu di Crash.

Memang dayanya cuma 130 hp, jauh dari MotoGP yang di atas 250 hp. Tetapi dalam hal mengendara harus seperti MotoGP. Menurut Lowes dan Luthi, cara MotoGP dibutuhan terutama dalam akselerasi. Memang begitu hukum mesin, lantaran jumlah silindernya yang sedikit membuat bore atau diameter silinder harus besar, hasilnya adalah torsi. Termasuk pengereman dekat tikungan. Itu dibanding Moto2 bermesin Honda yang 4 silinder, tapi cc-nya lebih kecil.

Baru sekali testing saja, itu mesin Triumph sudah mencetak 1 menit 41.524 detik. Catatan ini tercepat yang masih diganggu hujan atas nama Luca Marini (Sky Racing Team VR46). Lowes sendiri berada di posisi kedua dengan 1:41.792. Bandingkan dengan mesin Honda di Jerez saat kualifikasi 2018, catatannya adalah 1:41.925.

Saat test baru lalu ada empat pembalap yang mampu bikin 1;41. Saat kualifikasi Moto2 di Jerez 2018 hanya dua pembalap yang bisa 1;41. Artinya, memang lebih kencang Triumph. “Memang saat kecepatan di dalam tikungan lebih lajut mesin Honda. Tapi keluarnya, Triumph jauh sangat kuat dengan akselerasinya,” tambah Lowes.

Beda lagi dengan kesaksian Marini yang belum merasakan MotoGP. Katanya, mesin Honda di Moto2 harus dipertahankan kecepatannya sejak dari tikungan. “Lalu menggiring rpm-nya sampai keluar tikungan, agar kecepatannya tidak menurun. Ya mesin Honda datar. Beda dengan mesin Triumph, torsinya besar keluar tikungan. Di situ juga ada slide seperti saya lihat di MotoGP,” dukung Marini yang adik tirinya Valentino Rossi tersebut.

Pada intinya cerita ini memuji Triumph. Bahwa mesin mereka, sudah sesuai penjejangan. Dengan Triumph saat jebolan Moto2 pindah ke MotoGP, mereka sudah ada basis mengendara yang mirip. Miolo

BAGIKAN