nhk

Moto2 2019: Mesin Triumph Dibangun Dari 675 cc Jadi 765 cc, 80 Komponen Racing Diinstal

ManiakMotor – Jumlah silinder lebih sedikit di atas kertas torsinya lebih besar dari mesin Moto2 Honda 600 yang 4 silinder, sebelumnya. Mesin Triumph yang akan digunakan pada Moto2 2019 adalah 3 silinder dengan 765 cc. Ini mesin aslinya dari Triumph Daytona jalanan 675 cc yang juga dipakai untuk Supersports 600 dunia.

Engine tersebut dimodifikasi ulang. Ditanam di situ 80 komponen racing agar seperti test kemarin larinya. Kali pertama uji coba di Jerez telah melewati catatan tercepat mesin Honda yang digunakan di Moto2 sebelumnya, “Paling utama merekayasa bore silinder dan stroke (langkah piston), maka kapasitas sekarang yang pas,” papar chief engineer Triumph, Stuart Wood.

Termasuk dengan mengutak-atik crankshaft (kruk-as) dan conneting rod atau setang piston. Itu sudah pasti dipermak dengan penyesuaian membengkaknya volume silinder. Tentu sekalian piston diisi diameter yang lebih besar.

“Akan tetapi, dengan komponen ini mesin jadi lebih ringan diukur dengan mesin Honda,” tambah Wood sembari bilang girboks dihitungan dengan reduksi kompetisi yang dipasang sekaliam sensor untuk elektonik Magneti Marelli, di dalalamnya menggunakan perangkat kopling khusus yang masih bisa disetel oleh mekanik masing-masing tim.

Kepala silinder dimodifikasi dengan menaikan pemampatan ruang bakar atau kompresi. Sekalian porting pada saluran inlet dan outlet yang dioptimalkan alirannya dengan klep titanium. Klep ini menggunakan pegas yang katanya lebih keras.

Dengan kombinasi elektronik Magneti, mesin Triumph ini punya energi 140 hp. Itu motor sudah dicoba panjang dalam dua tahun pengembangan, “Dalam riset itu kami bermitra dengan dengan yang terlibat seperti elektronik, ban, ssis dan sebagainya. Intinya dengan mesin Triumph torsi yang lebih besar pada seluruh tingkat putaran mesin,” pungkas Wood.

Eh Selamat Tahun Baru 2019, brosist. MM

BAGIKAN