nhk

Moto2 2019: Mesin Triumph Lebih Ringan, Pakai Elektronik Magneti Dari MotoGP

ManiakMotor – Moto2 2019 telah menggunakan mesin Triumph tiga silinder 765 cc. Ya dari hasil test lalu lebih cepat dari mesin Honda 600 cc yang 4 silinder. Juga torsinya besar yang memang ciri silinder lebih sedikit. Tapi mesin Triumph diklaim lebih ringan dan punya elektronik lebih canggih dari sebelumnya.

Trevor Morris, Direktur Teknis ExternPro yang mengurusi mesin Moto2, punya mendapat. Katanya, mesin Triumph aslinya untuk produksi massal, namun banyak direvisi sesuai kebutuhan racing, “Tapi mesin Triumph ringan walau kapasitasnya lebih besarn dari Honda. Soalnya setang dan piston cuma tiga,” kata Morris.

Kesimpulan mesin Triumph yang digunakan sekarang sudah melewati berbagai test. Sebelumnya ada beberapa mesin yang disodorkan, namun yang terpilih itulah yang terbaik buat Moto2 2019. ExternPro yang berbasis di Aragon telah melakukan beberapa modifikasi yang disetujui oleh semua pihak yang terlibat.

Khusus elektronik terutama ECU-nya dari Magneti, diklaim sama dengan yang digunakan di MotoGP. Hanya saja beberapa fiturnya tidak di on-kan dan dikurangi alias disesuai dengan kelas penjenjangan. Bahkan fitur yang digunakan tidak seperempat dari yang digunakan di MotoGP.

Intinya, skill pembalap yang masih banyak bekerja saat menggeber Moto2. “Bahkan belum ada rencana untuk menghidupkan kontrol traksinya. Elektronik pada ECU-nya hanya bekerja pada mapping torsi, engine brake, pengiriman daya dan perpindahan reduksi gigi,” tambah Morris.

BAGIKAN