nhk

Moto2 2019: Mesin Triumph Sudah Dicoba, Akselerasinya Ngejambak… Ya Nonjok…

ManiakMotor – Tahun depan mesin Honda di Moto2 akan digantikan Triumph. Mesin ini sudah dicoba berulang-ulang oleh yang berkepentingan. Kali ini mereka berkumpul di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada 21 Juni 2018. Yang hadir orang Triumph sebagai penyuplai mesin, Magneti Marelli (elektronik) dan ECU, KTM (rangka), Kalex (rangka) dan sebagainya yang berkaitan.

KTM ikut membawa joki testernya Riki Cardus dan William Simeon. Kebetulan keduanya  aktif berpatisipasi dalam pengembangan mesin Triumph yang tiga silinder 765 cc tersebut. Kapasitanya memang lebih besar dari mesin Honda yang digunakan pada mesin Moto2 saat ini. Kalex juga mengirimkan orangnya dengan test rider Ceska Rafii.

Kalex juga mendatangkan Alex Marquez yang merupakan pembalap Moto2 resmi. Jadi yang patut didengar omongan Alex. Katanya tentang mesin Inggris ini, punya karakter berbeda.  “Pakai sasis Kalex mesinnya sangat nonjok. Torsinya lebih besar dari mesin Moto2 sekarang. Untuk memberi gas besar, harus lebih siap saat keluar tikungan. Juga harus lebih cepat menegakan motor,” papar Alex.

Masih menurut Alex, dengan mesin Triumph pembalap Moto2 lebih siap saat masuk ke MotoGP. Lha iyalah, kapasitas mesinnya jauh lebih besar. Juga elektroniknya lebih lengkap dengan munculnya Magneti Marelli.

Dalam kesempatan sama, Kalex juga memanggil Jonas Folger. Itu loh, pembalap yang digantikan Hafizh Syahrin di Tech3, lantaran sakit. Tapi kelihatannya dia sudah sehat, makanya dipanggil untuk mengetes Triumph berasis Kalex. Raider

BAGIKAN