nhk

Moto2 Assen. Konsisten Pada Jalur Balap Adalah Segalanya

 

 

ManiakMotor – Sirkuit Assen yang menjadi tuan rumah Moto2 seri ketujuh, 30 Juni 2012, kembali menunjukkan tingkat kesulitan bagi kontestan yang bertempur di situ. Lintasan yang tergolong sempit untuk ukuran sirkuit internasional, tapi harus dilibas cepat itu, membuat pembalap harus berpikir ekstra keras agar tidak bablas di tikungan. Dengan kalimat yang sederhana, sirkuit itu hanya memiliki ‘satu’ jalur balap.

Membalap dengan hanya satu jalur, terbukti sagat sulit. Salah antisipasi kecepatan dan titik pengereman saja, membuat motor keluar jalur dan pasti, posisi itu akan dicuri pembalap di belakangnya yang menempel dengan ketat. Ini terjadi dengan Scott Redding yang berulang kali ‘gagal’ mempertahankan jalur karena terlalu kencang masuk tikungan.

Akibatnya, Marc Marquez  selalu berhasil ambil alih posisi. Namun giliran Marquez – yang sedang mengajukan gugatan pengadilan soal tabrakan di seri lalu – kelewat cepat dan kehilangan jalur, Redding langsung nyelonong ke depan.

Untung saja, Marquez  paling lihai kembali ke jalan yang benar. Maksudnya, kembali ke jalur balap hingga kadang menyulitkan pesaing yang menempelnya untuk ambil alih posisinya. Istilah bulenya, hold on the line. Keren juga istilahnya. Ah, jadi ingat saat orang menelepon.

Kemampuan Marquez  mempertahankan jalur balap ini membuat catatan waktunya makin tajam setiap lap. Apalagi setelah dia lolos dari recokan Redding. Marquez tidak gegabah untuk memperpendek selisih waktu dari  Andrea Iannone yang dari start memimpin lomba. Dari 0,840 detik, menipis menjadi 0,6 sekian detik hingga akhirnya menempel kayak perangko di belakang iannone.

Sekali saja, Iannone dari tim Kawasaki  melebar, Marquez langsung menyeruak ke depan. Dan membuat Iannone tak berkutik dan kesulitan nge-fight balik karena ketatnya Marquez mempertahankan jalur. 

Detail hasil lomba Moto2 Assen, silakan klik di RESULT pada Menu paling atas.

 

BERITA TERKAIT:
Hasil Klasemen Semua Kelas Dan Sesi MotoGP Belanda, 28-30 Juni 2012
Moto2 Belanda, Marquez Banting Tulang Rebut QTT
Moto2 Belanda, Padat Klasemennya
Catatan MotoGP, Apa Itu Sirkuit Cepat, Mas?
Catatan MotoGP Catalunya. Nasib Ben Spies Di Ujung Tanduk
Ducati Meningkat, Motor Lain Kadung Melesat
Rossi Tetap di Ducati. “Pindah Tim Idenya Espelata Sendiri”
MotoGP Belanda, Rossi ‘Mengerti’ Soal Motornya
Rossi Bikin Tim Sendiri dan Cal Crutchlow Ditarik Ducati, Diulur Yamaha
Catatan MotoGP, Harga Diri Rossi Dicolek..!

 

BAGIKAN