nhk

Moto2 Australia 2016: FP3/Jelang Q: Cuaca Pancaroba Pembalap Menderita, Zarco Tercepat

Moto2, MotoGP, Ostrali, Phillip Island

ManiakMotor – Cuaca di sirkuit Phillip Island, Australia tempat dilangsungkannya ronde ke-16 motogp betul-betul bikin pusing pembalap dan tim. Sama seperti ketika FP3 motogp, untuk moto2 pun saat baru dimulai terik matahari melepas keberangkatan pembalap ke luar garasi untuk melahap lintasan selama 1 jam.

Sebagian racing line pun sudah ada yang kering, sehingga pembalap berani memakai intermediate. Malah Johann Zarco pemimpin klasemen sementara coba tampil dengan ban slick, meski waktunya masih kalah cepat sama Jonnas Folger yang mengukir 1:42.967.

Best time Folger itu masih kalah cepat sama Schrotter yang mempertajamnya jadi 1:42.210. Tapi, usai Schrotter catat rekor tercepat di 15 menit pertama, gerimis kembali membasahi trek, Zarco pun dengan cepat masuk pit untuk ganti ban, tapi tidak menolong. Catatan waktu kala kering, semi kering dan basah tentu sangat beda.

Cuaca yang pancaroba ini tentu bikin jengkel pembalap. Karena, tak ada lagi peluang untuk menyetel dan mendapatkan setelan yang pas. Abis ini mereka sudah harus melakukan kualifikasi. Jelang 5 menit terakhir, trek sudah mengering dan kesempatan untuk mematahkan waktu Schrotter.

Benar saja.  Pembalap silih berganti menajamkan waktu Schrotter. Dimulai dari dirinya sendiri dengan 1:41 dapat dilewati Alex Marquez, kemudian digeser lagi oleh Zarco dan sampai bendera finish dikibarkan Axel Pons sempat terdepan. Tapi, di masa injury time Zarco membuka peluang untuk merebut pole position setelah menjadi tercepat dengan 1:38,206. Rezki

BAGIKAN