nhk

Moto2 Austria 2016 FP1 : Johann Zarco Tercepat, Pembalap Belum Berani Maksimal

ManiakMotor – Tidak terkecuali pembalap motogp, para riders moto2 juga membahas masalah lintasan. Termasuk tikungan 10 yang sudah  direvisi, tapi tetap dinilai cukup membahayakan. Terutama sisi bagian luar dibikin lebih patah, sehingga pembalap harus merebahkan badan lebih mirin agar tidak ke luar lintasan.

Apalagi sebelum manuver, pembalap datang dengan kecepatan tinggi. Memang ada perbaikan, tapi dari sisi keselamatan justru kecil. Belum lagi, tikungan 8 dan 4 yang turunan di mana area runoff- nya tidak cukup.

Jadi, dalam FP1 ini ya, para pembalap lebih berhati-hati. Belum berani melakukan pengereman pendek, memutar grid gas sampai mentok. Mereka memilih menekan risiko kecelakaan lebih kecil sambil mempelajari jalur dan menutup serta membuka gas yang tepat.

Pembalap yang punya jam terbang tinggi di moto2 tampak tampil lebih berani. Seperti Thomas Luthi, kemudian J. Zarco dan Aleix Rins yang tahun depan hijrah ke kelas premium masih bermain di lima besar. Bahkan Luthi yang melaju paling cepat dengan waktu terbaik 1:30.325 sulit dipatahkan.

Johann Zarco dari Perancis yang juara dunia 2015 coba menekan, juga gagal. Dalam masa injury time, ia coba meningkatkan kecepatan terutama di trek lurus. Hasilnya, Zarco menyodok ke depan menjadi tercepat dengan 1:30.117 detik. Rezki

BAGIKAN