nhk

Moto2 Catalunya 2016: Data Telemetri, Titik Pengereman Ditunda 9 Meter, Sebab Tewasnya Salom

ManiakMotor – Jelas sudah penyebab teknis kecelakaan yang menewaskan Luis Salom di sesi FP2 Moto2 di GP Catalunya. Tak lain karena ia mengulur pengereman 9 meter dari titik pengereman sebenarnya. Ironisnya terjadi pada bagian lintasan yang tidak rata (bumpy) sehingga wilayah depan motor goyang penyebab Salom melepas motornya.

Kesimpulan itu diambil setelah tim SAG menganalisa dan membedah telemetri dari motor rider muda Spanyol itu. Lap sebelum dia celaka di FP2, Salom tak masalah dengan best lap 1:48,608 detik. Setelah itu ia masuk pit dan ganti ban belakang. Pada lap saat kecelakaan, Salom memasuki area tikungan 12 dengan kecepatan 6 km/jam lebih lambat dari best lap-nya.

Sesuai data telemetri, penurunan speed itu terjadi lantaran motornya terlambat berakselerasi sekeluar dari tikungan 11. Akibat selanjutnya dari penurunan kecepatan itu, analisa dia coba menunda pengereman yang lebih berbeda. Salom mainkan rem pada titik 9 meter lebih dalam dari seharusnya, persis pada bagian aspal yang tidak rata.

Motor yang mengusung sasis Kalex itu pun bereaksi keras, memaksa Salom melepas motor dan malah dia meluncur lebih deras menuju tembok. Sementara motornya meluncur terus dan malah mengikuti arah tikungan. “Roda depan goyah dan kehilangan grip. Itu yang membuat motor tak terkontrol di T12 dan dampak akhirnya sungguh tragis,” ujar Edu Perales, team owner SAG yang membedah telemetri bersama seluruh kru teknis timnya. Salom sama sekali tak bisa mengontrol motor saat jatuh maupun meluncur deras ke run off area dan akhirnya membentur tembok sirkuit.

Jenazah Salom sendiri hari ini (Selasa, 7/6) masih disemayamkan di rumah duka. Prosesi pemakaman dilangsungkan mulai pukul 09.00 waktu Spanyol dari katedral kota Palma de Mallorca menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Sekali lagi, selamat jalan Luis! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Silakan Pergi ke Ducati, Tim Teknisnya Tetap di Yamaha

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marquez Juga Mainkan Sasis dan Knalpot Baru Di Tes Catalunya

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Diakui Lawan Lebih Kuat Tahun Ini, Pede Sekali

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Masih Penting Buat Marquez

BAGIKAN