nhk

Moto2 Sachsenring. Nafsu Mesti Ditahan Jika Ingin Selamat Di Jerman

ManiakMotor – Baru kali ini – dalam beberapa tahun terakhir –  sirkuit Sachsenring disinari matahari ketika balap. Maka wajar jika pembalap Moto2 pada kegirangan saat membalap Minggu, 8 Juli 2012. Senengnya minta ampun. Mirip anak kecil dikasih balon gas warna-warni. Tapi jika enggak dipegang erat-erat, balon itu akan lepas ke udara dan terbang. Hilang.

Kontestan Moto2 juga begitu. Gas dibetot habis-habisan di trek sepanjang 3.671 meter itu. Merebahkan motor sesuka hati, di 13 tikungan ke kiri dan 3 tikungan ke kanan. Mereka lupa, semulus-mulusnya lintasan dan secerah-cerahnya matahari, keselamatan tergantung pada grip roda motor pacunya. Lalu apa yang terjadi? Satu demi satu pembalap bergelimpangan. Ndelosor. Gubrak. Hahaha, akhirnya sama saja seperti sirkuit basah.

Di putaran awal, Scott Redding yang mencium tanah air duluan. Insiden ini memang bukan karena terlena sirkuit. Tapi karena disodok Toni Elias di tikungan pertama setelah start. Kecelakaan ini kita “buang” dari bukti-bukti terlenanya pembalap pada indahnya sirkuit.

Dua lap setelah itu, Toni Ellias yang menyusul tumbang saat berseteru dengan Andrea Iannone. Walau tidak sampai cidera, Elias kehilangan peluang mengais point. Disusul Eric Granado asal Brasil yang ndelosor akibat keluar jalur. Eh, enggak lama setelah itu, giliran Iannone yang jatuh di tikungan pertama saat nge-fight dengan Mika Kallio di grup depan. Meski bisa melanjutkan balap, pembalap ini sudah diasapi.

Usai itu, berturut-turut, Randy Krummenacher asal Switzerland, Ratthapark Wilairot dari tim Thailand  Honda PTT Gresini Moto2’s dan Alessandro Andreozzi dari tim S/Master Speed Up juga bergelimpangan tanpa bisa meneruskan lomba.

Hampir semua kecelakaan boleh dikata akibat pembalap sendiri yang memacu melebihi kemampuan motor khususnya  di soal daya cengkeram roda. Kemiringan menikung, melewati batas aman. Dan  kemampuan mengerem yang diharapkan, di luar limit kemampuan roda depan menjaga grip. Dua hal itu, membuat mereka kehilangan traksi dan jatuh.

Mereka yang jatuh, terpesona indahnya sirkuit, terbuai cerahnya suasana dan terlena akan mulusnya lintasan. Itu akibatnya mengandalkan nafsu tanpa memperhitungan batas kemampuan.
Sedangakan Marc Marquez, Pol Espargaro, Mika Kallio dan De Angelis, mampu menahan hasrat dan akhirnya mengenyam nikmatnya podium juara. Yon

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi MotoGP Germany, 6-8 Juli 2012
Obrolan Rossi dengan Bos Audi, Soal Ducati MotoGP
MotoGP Sachsenring, Sirkuit Pakai Otak Kiri, Rossi Mengaku Berat
MotoGP Sachsenring, Pedrosa Melebihi Rossi..!
MotoGP Jerman, Pedrosa Borong Latihan Ke-1 Dan 2

 

BAGIKAN