nhk

Moto3 2013 Valencia (Race): Drama Salom, Vinales, Rins..! Pelajaran Penting Marquez dan Lorenzo

ManiakMotor – Luis Salom boleh lebih senior dari Maverick Vinales dan Alex Rins. Boleh juga memimpin klasemen memasuki GP Valencia. Tapi, nasib berkata lain, terjengkang di lap 14 dan itulah saat ia kehilangan gelar juara dunia yang sudah di depan mata saat race Minggu 10 November 2013 di sirkuit Valencia, Spanyol.

Trio Spanyol itu mengisi raceday Moto3 dengan berbarengan memimpin di depan sejak awal. Komposisi pada lap ke 14 itu Vinales di depan, Salom kedua, dan Rins ketiga dengan masing-masing jarak hanya nol koma nol sekian detik. Benar-benar rapat.

Entah pasal apa, mendadak Salom terlempar ke gravel. Bisa bangkit dan teruslan balapan tapi hanya sanggup finish ke-19. Posisi yang tadinya pemimpin klasemen dengan 300 poin pun tak lagi berguna.

Out-nya Salom, membuat duel Vinales (298 poin) dan Rins (295) makin ketat. Berulangkali keduanya saling susul, sampai tikungan terakhir jelang garis finish.Hitungannya, siapa duluan finish dialah juara dunia.

Ternyata, laju motor Rins lemah di trek lurus dan  kendur hanya beberapa meter jelang finish. Bukan saja mengejar Vinales, ia bahkan gagal mempertahankan posisi poium kedua dan langsung disabet Jonas Folgar  yang tadinya cuma menguntit. Maka Vinales pun diobatkan sebagai juara dunia 2013 dengan poin 323, Rins runner up dengan nilai 315, dan Salom yang tadinya penguasa jadi peringkat ketiga.

Drama di kelas ringan ini, pastinya jadi pelajaran penting buat Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yag akan tarung di kelas berat MotoGP.Naib Vinales bukan tak mungkin terjai pada MM jika ia ngotot sepanjang balapan. Dan, bagi JL, ini penambah semangat bahwa semua hal bisa terjadi di setiaplaps, seperti berkali-kali ia katakan.

Yuk menunggu drama macam mana yang akan terjadi di MotoGP. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013
Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

 

 

 

BAGIKAN