nhk

Moto3 2014: Penampakan Perdana Husqvarna, Cuma Beda Knalpot-Livery Dari KTM

 

ManiakMotor – Untuk kali pertama Husqvarna terjun di balap Moto3 dan langsung dalam status full pabrikan. Targetnya pun hebat: juara dunia. Wajar, karena semua  jeroannya KTM punya, pegang juara di Moto3.

Kerjasama seperti ini memang telah berlangsung lama antara Husqvarna dan KTM. Di belahan dunia lain, maksudnya di balapan motor seperti motocross, juga sama saja. Keduanya menganut seperti Moto3 tersebut. Jeroannya sama. Apalagi saat ini saham Husqvarna telah dimiliki KTM.

Tim baru itu bernama Red Bull Husqvarna Factory Racing itu akan jadi pesaing tim saudara tuanya, Red Bull KTM Ajo, yang sudah lebih dulu merajalela di kancah Moto3. Organisasinya pun sama, sama-sama dioperasikan oleh Aki Ajo yang bukan aki-aki dari Bandung atau Ajo dari Padang hehehe. Doski adalah team owner yang sudah karatan di balapan.

Spesifikasi pacuan yang dipakai tim KTM dan Husqvarna sama saja, berbasis KTM. Itu dibolehkan lantaran tadi,  Husqvarna memang dibeli KTM. Peredaan kedua jenis pacuan tim bersaudara itu hanya pada sistem pembuangan bahan bakar, perbedaan livery, dan tentunya beda pembalap.

Yang versi ‘Husky’ akan dibesut dua rider kawakan, Denny Kent yang kembali ke Moto3 setelah tak berkutik di Moto2 tahun lalu. Rider satunya adalah Nikolas Ajo yang tak lain adalah putra Aki Ajo sendiri. Tim KTM ‘asli’ diperkuat oleh Karel Hanika dan Jack Miller. “Kami sudah memproduksi 120 unit mesin untuk kedua tim ini meski targetnya hanya menggunakan lima unit mesin untuk masing-masing dalam kompetisi 2014,” kata Pit Beirer yang Direkturnya Balap KTM.

Lantas buat apa mesin sisanya? Ah, mungkin saja untuk pengembangan Husky agar nantinya mandiri dan nggak nebeng KTM lagi. Begitu kaleee! Andro

BACA JUGA

 

 

 

 

BAGIKAN