nhk

Moto3 2014 Valencia (QTT): Marquez Mulai Ganas, Front Row Bareng Miller

ManiakMotor –Terkesan jaga kondisi di tiga sesi Free Practice, performa Alex Marquez mendadak galak di sesi QTT, Sabtu (8/11). Setelah pemanasan satu lap, Marquez langsung tancap gas di lap kedua dan mencatatkan waktu tercepat. Hebatnya, waktunya terus meningkat lap demi lap dan pada lap ke-7 sudah catatkan waktu 1:39,556.

Sangat lama waktu itu bertahan sehingga terkesan Marquez pun enggan meningkatkannya. Apalagi, saat itu Jack Miller sebagai satu-satunya pembalap yang harus ia waspadai, berada di urutan 5. Jalannya cerita baru berubah ketika Niccolo Antonelli sukses melewati catatan waktu Marquez pada lap ke-15 dari total 17 lap yang ia jelajahi. Anak Italia itu lebih cepat 0,373 detik dari Marquez yang hanya main 16 laps.

Dan, Miller pun kemudian ikut melewati catatan Marquez pada lap terakhirnya, ke-17 dengan keunggulan 0,305 detik. Posisi pole position pun jatuh pada Antonelli, sedngkan Miller dan Marquez di posisi kedua dan ketiga.

Tarung bareng dari front row, tentunya kendali balapan akan  lebih mudah dijalankan Marquez yang tak perlu jadi juara untuk meraih titel jurdun 2013. Yang harus ia lakukan adalah menempel Miller sedekat mungkin sampai garis finish. Taktik itu sekaligus bakal bikin Miller jengah sepanjang balapan. Pasalnya, ia harus jadi juara agar bisa jadi juara dunia plus satu syarat tambahan, yakni Marquez gagal naik podium. Nah, jika terus dikuntit Marquez, tentu membuat Miller bakal tak tahu harus berbuat apa selain pasrah pada keadaan.

Marquez sendiri baru akan membahas soal strategi balapan dengan timnya pada malam ini. Taktik seperti disebut di atas jelas belum dibahas, tapi mejadi salah satu opsi yang realistis dilakoni. Dengan cara fokus hanya pada Miller, stamina Marquez dan motornya saat balapan pun bisa dihemat dan bila perlu bisa ‘dimuntahkan’ sekaligus di lap terakhir jika ada kesempatan menjadi juara. Kira-kira demikian coy! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

BAGIKAN