nhk

Moto3 2014 Valencia (Race): Bikin Deg-Degan, Marquez Jurdun 2014

ManiakMotor – Unggul 11 poin sebagai pemimpin klasemen tak membuat Alex Marquez bertarung mudah di ronde pamungkas. Ironisnya, yang pikirannya kacau justru sesama rider Spnyol, termasuk Alex Rins rekan satu tim.

Start bareng pesaing utama, Jack Miller (Australia), keduanya langsung fight dari front row. Miller fokus menjadi juara dan terus berusaha kejar Isaac Vinales yang memimpn awal balapan. Marquez sendiri coba terus bertahan di buntut Miller karena itu cukup membuatnya juara dunia jika terus sampai finish.

Tapi, para rider Spanyol lainnya macam Vinales, Efren Vasquez, dan Rins tak ingin mempermudah laju Marquez menjadi jurdun 2014. Mereka pun fight ke baris depan. Begitu pun Denny Kent (Inggris), pengguna Husqvarna yang satu manajemen dengan Miller.

Akibatnya, penonton seantero Spanyol deg-degan. Marc Mrquez yang jurdun MotoGP pun glsah di pitroom Repsol Honda melihat situai adiknya. Pasalnya, beberapa kali terjadi formasi di mana Miller memimpin balapan, sedangkan Marquez berada di luar podium. Itu berarti Miller yang jurdun di akhir lomba, sedangkan Marquez hanya runner-up. Sebaliknya, Miller pun beberapa kali ganti posisi terdepan dengan Vinales, sehingga perolehan poin bisa berubah lagi.

Empat lap sebelum balap berakhir, Marquez mulai betot gas lebih dalam dan masuk dalam formasi 3 Besar bersama Miller dan Vinales yang masih ganti-gantian memimpin. Fokus pada lap-lap terakhir hanyalah menjaga posisi tersebut dan membiarkan Miller dan Vinales tetap pol-polan menjadi juara. Artinya, pikiran Marquez tercurah ke belakang, menghindari sodokan Kent. Untung Kent bikin kesalahan di lap terakhir sehingga gangguan pada Marquez berkurang.

Miller mencapai finish sebagai juara. Vinales kedua dan Marquez ketiga. Dapat tambahan 16 poin, Marquez juara dunia 2014 dengan total poin 278. Miller jadi runnerup dengan nilai 276. Sejarah pun terjadi kakak beradik juara dunia di kelas berbeda di tahun sama. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 7 – 9 November 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

BAGIKAN