nhk

Moto3 2015 Jerez (Race): Petaka Quartararo vs Kent di R13, Persis Clash Marquez – Lorenzo

ManiakMotor – Tikungan ke-13 sirkuit Jerez yang dinamai Jorge Lorenzo Corner acap jadi kartu terakhir joki yang tahu main di situ. Sensasi di lap terakhir selalu juga lahir di situ. Bukti terakhir dalamrace Moto3 yang baru saja usai.

Tiga pembalap yang berangkat bareng dari front row mendominasi balapan. Mereka adalah Danny Kent (Inggris), Fabio Quartararo (Prancis), dan Miguel Oliveira (Portugal). Ketiganya tarik-trikan ketat dan silih berganti memimpin lomba dari lap 1 sampai 25. Dalam satu lap bisa terjadi dua atau tiga kali pergantian pembalap terdepan.

Yang dominan adalah Kent dan Fabio. Sementara Brad Binder (Afsel) merapat di belakang mereka tapi tak sekalipun bisa terdepan. Sampailah pada lap terakhir dan di tikungan terakhir, R13 itu. Fabio memaksa masuk lewat jalur dalam untuk melibas Kent, namun yang terjadi motornya malah membentur motor Kent. Kent tak terpengaruh dan melenggangke garis finish, sedangkan Fabio melebar dan saat itu juga posisinya disikat Binder.

Untungnya Fabio masih bisa finish urutan 4 dan mengoleksi poin penting. Kent sendiri mencetak kemenangan ke-3 musim ini dan makin kokoh di puncak klasemen dengan poin 91. Publik tuan rumah Spanyol harus gigit jari kali ini karena tak satupun rider-nya naik podium. Padahal dalam musim-musim sebelumnya mereka amat dominan di kelas nyamuk tersebut.

Insiden Kent-Fabio di R13 mengingatkan benturan sama antara Marc Marquez dengan Jorge Lorenzo pada 2013 dan antara Valentino Rossi dengan Sete Giberanu musim 2005. Kejadian dan tempatnya sama. Apakah petaka R13 akanberlanjut di Moto2 atau MotoGP? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP, Moto2, Moto3 Jerez, Spanyol 1, 2, 3 Mei 2015

BAGIKAN