nhk

Moto3 2017 : Mau Balap di Moto3, Pembalap Indonesia Bisa, Pendaftaran Sampai Agustus

ATC, Race 2, Moto3

ManiakMotor – Kalo ada pembalap yang ingin balap di moto3, nggak bisa ujuk-ujuk daftar ke Dorna. Harus melalui proses seleksi dulu dan salah satu wadahnya untuk di Asia-Pasifik mengikuti Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2018. Inilah kesempatan bagi pembalap muda dari Asia, Australia dan Selandia Baru.

Proses seleksi untuk 2018 sudah dibuka melalui online di situs resmi IATC (www.asiatalentcup.com), mulai 8 Juli 2017 sampai 13 Agustus 2017. Daftar pembalap yang diterima diumumkan pada 7 September 2017. Nah, penyeleksiannya akan dilakukan di sirkuit internasional Sepang, Malaysia, 24 dan 25 Oktober 2017. Sedangkan seri balapan musim ini berlangsung di Thailand, Qatar, dan Jepang.

Proses seleksi di Sepang, tahun lalu

Adapun motor yang dipakai Honda NSF250R yang setara sama moto3 di rombongan sirkus motogp. Dengan begitu, pembalap yang mampu menunjukkan bakat, tidak akan canggung ketika tampil di moto3.

Proses seleksi kali ini merupakan tahun keempat yang digagas oleh mantan pembalap GP500 Alberto Puig. Nah, talenta yang ditemukannya di antaranya Casey Stoner (Australiab), Toni Elias, dan Dani Pedrosa. Ia juga bertanggung jawab untuk Asia Talent Cup (ATC) yang berlaga di Moto3 Junior World Championship tahun ini. Tahun lalu, pemenangnya Somkiat Chantra yang mengalahkan Andi Izdihar dan Ai Ogura.

Yang membanggakan, tiga pembalap Asia Talent tahun lalu sudah balap di moto3. Mereka adalah Kaito Toba (juara ATC 2014) dari Jepang dan Nakarin Atiratphuvapat dengan bendera Honda Asia Team serta Ayumu Sasaki (juara ATC 2015) bersama SIC Racing Team dipimpin ayah dari mendiang Marco Simoncelli. Rezki

BAGIKAN