nhk

Moto3 Sachsenring 2016 QT: Bastianini Yang Didukung Knalpot R9 Pole Position, Faneti Terguling

ManiakMotor – ManiakMotor – Kualifikasi moto3 yang berlangsung 40 menit dihentikan pada menit ke-15. Ada apa? Cuaca kurang mendukung atau turun hujan! Bukan, di litansan Sachsenring ada ceceran oli di mulut tikungan 4, sehingga menjatuhkan pembalap Fabio di Giannantonio.

 Direktur perlombaan pun memerintahkan dikibarkan bendera merah. Giannantonio dari tim Gresini Racing ini bukan pembalap pertama yang terguling. Sebelumnya Jorge Martin dulu. Tak berapa lama giliran Romano Faneti yang terlempar dari motor. Korban berikutnya Nicola Antonelli, yang kemudian baru Giannantonio.

Jelang kualifikasi dihentikan, posisi teratas dipegang oleh Franscesco Bagnaia dengan waktu terbaik 1:28,07. Namun Brad Binder dari KTM berhasil menggesernya setelah melesat lebih cepat 1:27,701. Ketika dilanjutkan lagi, A. Locatelli menjadi yang tercepat.

Fenati yang baru kelar motor diperbaiki, coba mendongkrak posisi yang terpuruk di urutan ke-19. Namun, upaya anak didik Valentino Rossi ini kurang berhasil dan ia pun start dari barisan belasan.

Meski trek sudah dibersihkan, bukan berarti tidak ada korban jatuh. Kali ini giliran pembalap perempuan Maria Herrara. Ia tidak sigap mendapat tekanan dari sisi kiri dan kanan, sehingga terjatuh dan ditimpa motornya. Beruntung ia tidak cedera serius.

Sisa waktu satu menit, sekitar 20 pembalap berusaha untuk merebut pole position. Tapi, paling beruntung Anea Bastianini yang didukung produsen knalpot R9. Ia berhak menempati posisi start paling depan setelah mengantongi waktu 1:27,129 detik. Rezki

BAGIKAN