nhk

Moto3 Sachsenring 2016 Race : Idham “Rain Master” Pawi Dari Malaysia Juara, Banyak Pembalap Terguling

 

 

ManiakMotor – Hujan, trek licin dan tiupan angin 6 km/jam membuat suhu kompetisi moto3 sebagai acara pembuka “GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland 2016” di Sachsenring, Jerman, hari ini (17/7) jadi kurang seru. Namun, balapan yan g menyelesaikan 27 lap itu melahirkan pembalap dari Malaysia Khairul Idham Pawi sebagai juara.

Kemenangan Pawi tidak bisa disebut sebagai suatu kebetulan. Ini bukan kali pertama ia juara di dalam kondisi hujan. Pada musim ini, pembalap Honda Asia ini menorehkan kemenangan di Argentina juga dalam kondisi trek  licin. Berarti, Pawi layak dijuliki “Rain Master” dan kata-kata itu meluncur dari mulut komentator.

Start dari urutan ke-20, masuk lap 2 Pawi sudah berada di urutan ke-7 dan naik ke-5 lap 2. Posisi terdepan diambilnya tidak sampai lima lap dan beresama rekan satu timnya Hiroki Ono saling menempel. Sayang, Ono yang orang Jepang ini tidak bisa mempertahankan posisinya dan terjatuh di lap 12. Sebelumnya, ia sempat oleng.

Begitu juga Pawi, sempat motornya oleng dan ke luar lintasan pada lap 15. Beruntung ia tidak jatuh dan bisa masuk lintasan. Trus, posisi terdepan masih dalam genggamannya. Bisa begitu lantaran ketika memimpin ia unggul 15 detik lebih dan saat masuk lintasan lagi masih punya 6 detik. Tapi, lap berikutnya ia sudah meninggalkan Locatelli 10 detik dan Bastianini yang didukung knalpot R9. Saat trek basah, Pawi melesat konstan dengan 1:43 detik, sementara yang di belakangnya 1:45 detik.

Jelang dua lap terakhir Pawi melenggang santai di depan dengan 14 detik di depan Locatelli dan Bastianini. Sementara Fenati sudah tidak tampak di lintasan sejak lap awal. Begitu juga rekannya, Migno yang terjatuh di lap 12 dan Bulega. Rezki

BAGIKAN