nhk

Motocross Solo 2017: Ivan Kuasai Solo, Hilman Pimpin Klasemen!

MX2, kejurnas, Solo
Duel Ivan (33) dan Farhan. Insert Hilman Maksum

ManiakMotor –  Pertarungan MX2 di ajang kejurnas motocross seri 3 lebih seru dan menarik. Terlebih  kedua moto berlangsung di sirkuit Goro Assalam, Jateng (15/4) yang diterangi lampu alias malam hari. Perlombaan 25 menit plus 2 lap tidak membosankan seperti di seri-seri sebelumnya. Begitu nilai crosser senior tuan rumah Denny Orlando.

Di kelas puncak MX2 tanpa keikutsertaan Denny masih ada wakil tuan Ivan Harry Nugroho (IM Product Genta Otosport Mariachi Production). Ia berhasil raih point tertinggi setelah finish ketiga di moto1 dan pemenang moto2.  Padahal, di moto1 Ivan sempat mendikte lomba tapi hanya bertahan beberapa menit sebelum diambil  Farhan Hendro (AHRS Kawasaki Greentech Idemitsu Dunlop Fhigz).

Sayang, Farhan yang putra sulung Asep Hendro  alami trouble engine seperti di moto 2 seri 2 lalu. Kesempatan itu langsung dimanfaatkan Asep Lukman Efendi (Bonaharto Dumasari Orca Ipone Add ART). ”Seri 3 ini pakai spek baru, piston dan porting. Performa motor memang lagi oke banget,”komentar Asep yang memacu Honda CRF250 dikawal chief mechanic Agus Klaten.

Asep sukses kuasai podium pertama di moto 1. Dibelakangnya, ada Aldi Lazaroni yang sepertinya memainkan strategi konstan jaga point. Sebelum moto 1 dimainkan, Aldi yang membela tim Djagung Ramayana Dunlop Orca VMX memimpin klasemen sementara.

Moto2, Farhan Hendro coba menebus kegagalannya, tapi penyakit gangguan pada mesin Kawasaki KXF250 kembali kambuh. Hal serupa juga dialami Asep Lukman yang sempat terjatuh sebelumnya. Insiden itu menimbulkan masalah pada kabel gas yang ngak bisa balik. Hilangnya Farhan dan Asep, juga diikuti Aldi Lazaroni yang terjatuh.

”Engsel pada bahu kena lagi dan harus istirahat 1 bulan,”ujar Irwan Adriansyah, pelatih yang juga kakak pertama Aldi. Duel Hilman Maksum dan Diva Ismayana setelah hilangnya Farhan, Asep dan Aldi jadi penghibur penonton. Overall, Hilamn dan Diva yang merupakan rookie menempati posisi kedua dan ketiga total point, ”Ini hasil yang bagus. Kans juara nasional terbuka, tapi memang masih ada beberapa seri kedepan,”ujar crosser asal Kroya, Cilacap, Jateng yang serius mempersiapkan ditahun pertama main di MX2. Hilamn sempat berlatih satu bulan di California dan kini geser Aldi di klasemen. Ardel       

 

BAGIKAN