nhk

MotoGP 2013: 5 Atau 12 Mesin Untuk Suzuki 2014?

 

ManiakMotor – Program kembalinya Suzuki ke ajang MotoGP 2014 semakin dekat dan pasti. Saat ini Randy de Puniet berada di Jepang untuk tes khusus jelang tes resmi MotoGP di Barcelona nanti.

Puniet yang pembalap regular tim CRT Power Electronic Aspar itu memang tester Suzuki sejak ada proyek comback. Ia sendiri belum terlalu banyak bicara soal kinerja prototype si Suzii ni. Kan baru mau dicoba Bro! Selama ini hanya tester Jepang saja yang memainkan itu motor.

Kabarnya, Puniet juga digadang-gadang jadi pembalap tim pabrikan ini musim depan atau 2014. Satunya lagi belum jelas meski ada isu akan menarik Cal Crutchlow dari Yamaha Tech3. Hanya saja masih tersisa beberapa persoalan buat Suzuki yang mundur dari MotoGP usai musim 2011 itu.

Pertama keinginan bos Dorna Carmelo Ezpeleta agar Suzuki tak langsung masuk sebagai tim elit pabrikan. Tapi berkolaborasi dengan tim yang sudah ada saat ini. Itu untuk mengapresiasi tim yang tengah eksis dan mencegah mudahnya sebuah tim  keluar masuk seenak jidatnya. “Suzuki harus menggandeng salah satu tim yang eksis tahun ini. Model itu berlaku di F1 sehingga tim-tim yang ada di sana lebih solid,” kata Ezpeleta yang 25 tahun lalu masih gondrong.

Namun, ini baru keinginan si Om ini, belum keputusan resmi. Jika harus begitu, kabarnya tim yang sekarang menaungi Puniet yang mungkin diakuisisi. Belum selesai di situ, muncul pula persoalan jatah. Regulasi menyebut tim baru boleh mengalokasikan mesin sebanyak 12 untuk satu musim kompetisi. Tim pabrikan lain hanya 5.

Persoalannya, Suzuki ini termasuk tim baru atau tidak? Pasalnya, mereka adalah tim yang mundur dari kompetisi sebelumnya dan bukan benar-benar baru. Dorna pun dilematis. Dikasi 12,  yang namanya Honda, Yamaha dan Ducati keberatan. Diberi 5, Suzuki merasa anak baru dan belum tentu langsung kompetitif.

Sejauh ini belum ada penegasan soal dua hal tersebut. Suzuki pun sepertinya lebih fokus untuk bersiap diri saja, apa pun nanti tantangannya. Apalagi, dalam tes resmi nanti mereka akan latihan bareng tim pabrikan lain. Biarpun tes, agar performanya tidak kelihatan tertinggal banget deh.

Puniet sendiri pun tak menghiraukan itu. “Ini kesempatan sekaligus tantangan istimewa. Saya ingin melakukan tugas sebaik mungkin, sekaligus ajang latihan menuju Mugello,” katanya sembari menyebut ronde 5 MotoGP di Italia pekan depan.

Baguslah kalau begitu. Intinya, makin banyak tim pabrikan ya semakin seru pastinya, daripada tim CRT yang dibanyak-banyakin!  Andro

Berita Terkait

Mantan Bos Yamaha (Davide Brivio), Pimpin Suzuki ke MotoGP 2014?

Balik Ke MotoGP, Suzuki Kian Ceyiyus

Motogp 2014: Sudah Siapkan Pacuan 1000 CC, Suzuki Matangkan Program Tes

MotoGP 2013; Nakamoto Bicara Motor, MotoGP 2014 Akan Ramai

MotoGP 2013: Lorenzo Salahkan Ban, Aoki ‘Menyerang’ Balik

MotoGP 2013: Juragan F1 Kecam Pembalap Yang Ributkan Ban

 

 

BAGIKAN