nhk

MotoGP 2013; AHM Sambut Mainan Dorna Di Indonesia, Langsung Tangga Prototipe

 


ManiakMotor – Lemahnya pembalap Indonesia langsung ke prototpe karena alat atau motornya dan fasilitas sirkuitnya. Kebanyakan gagal karena dari bebek dengan sirkuit pasar senggolnya, jarang merasakan motor kecepatan tinggi. Belum lagi langsung menghadapi atmosfenya pertarungan kelas dunia di event dunia. Yang ada pembalap malah gemetar duluan ketimbang menghapal teknik dan kagok dengan motor yang sekali tarik gas kontan memberi tenaga.

Hal ini yang ditanggulangi dengan Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC). Mainan Dorna di Asia ini seperti Red Bull Rookies Cup di Eropa yang salah satu lulusannya adalah Marc Marquez atau CEV Repsol Championship di Spanyol. Tentu saja motornya prototipe, speknya setara Moto3, karena jembatannya ke sana. “Namanya Honda NFR250, produk HRC. Ini kesempatan buat bakat-bakat muda Asia mengenal lebih cepat rahasia motor prototipe,” kata Vice President HRC, Shuhei Nakamoto perancang motor tersebut.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Bambang Gunardi yang diserahkan dua seri untuk Sentul (Indonesia) dan Cina, menyatakan  keterlibatan dua negara ini tidak hanya mengirim pembalap. Tetapi akan kabagian masing-masing 1 seri dari 6 seri SAATC.  “Saya sudah rapat bersama  Carmelo Espeleta, Javier Alonso, Ignacio Verneda, mendiskusikan format eventnya,” kata Bambang sembari sebut-sebut tokoh-tokoh MotoGP dan salah satunya si Espeleta, bos Dorna dalam pertemuan 27 Juni di Assen, Belanda di sela ronde 7 MotoGP.

Bambang satu-satunya jury MotoGP dari Asia ini menjamin, lulusan SAATC tidak akan kagok begitu mereka masuk Moto3 atau Moto2, karena spek motornya asli kompetisi dan eventnya selalu berbarengan dengan event besar. Contoh empat seri di luar Indonesia dan Cina akan jadi supporting race MotoGP Qatar, Motogi, Sepang dan khusus India jadi pengisi event SBK.

Dengan kemasan event seperti itu bibit muda sudah diperkenalkan langsung dengan iklim kejuaraan yang high class. “Anda mungkin sudah tahu batasan usia pembalap 14-20 tahun dan jumlahnya 24, bukan 22 seperti you tulis sebelumnya. Untuk model seleksinya nanti dibicarakan usai MotoGP Sepang di Malaysia pada Senin dan Selasa atau 14 dan 15 Oktober 2013. Di situ sudah ketahuan  tanggal seleksi di Indonesia,” jelas Bambang yang masih berpikir soal menyelipkan seri di Sentul entah bersamaan dengan IndoPrix atau IRS, belum tahu.

Astra Honda Motor (AHM) dari perwakilan divisi motorsportnya teranyata sudah lebih siap. “Siap dong, kan eventnya kerjasamanya dengan Dorna, promotor profesional dunia, AHM yakin pintu ke balap prototipe sudah terbuka buat pembalap Indonesia. Inilah tangga yang paling tepat. Pembalap-pembalap besar saat ini mereka yang lulus dari Red Bull Cup yang modelnya sama dengan SAATC, cuma beda benua,” kata Anggono yang sedang mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan SAATC selanjutnya.

Mantap kalau begitu deh. Miolo 

BACA JUGA

MotoGP 2014: Indonesia Masuk Di Mainan Baru Dorna, Gunardi Tukangnya


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353