nhk

MotoGP 2013: Aprilia Siapkan Pacuan Baru, Pakai SSG 2014

 

ManiakMotor –  Dua hari lalu di portal ini diceritakan soal Aleix Espargaro, pembalap paling jago kelas CRT musim ini. Ia tunggu kabar apakah bertahan di Aprilia atau lari ke tim lain dengan paket sewaan Yamaha.

Sekarang muncul kabar pasti. Tim Power Electronics Aspar (PEA) di mana Aleix jadi joki utama, sudah menetapkan diri bertahan dengan mesin Aprilia musim depan. Pabrikan Italia itu ‘panas’ dan mengumbar teknologi mereka. Mereka menyiapkan paket yang tidak asal-asal alias komplet dengan seamless shift gearbox 2014 dan ingin mengarah ke tim pabrikan.

Dengan spek sekarang saja, Aleix sudah dominan di kelas CRT dan beberapa kali mampu bersaing dengan tim pabrikan macan Honda, Yamaha, terlebih Ducati. Kepastian itu diapungkan petinggi PEA Gino Borsoi di sela-sela GP Inggris, Silverstone. “Ada kabar bagus dari Aprilia. Mulai musim depan, mereka serius. Mesin, rangka, dan sistem aerodinamika mereka akan siapkan. Untuk peranti elektronik tinggal menunggu kepastian apakah ikuti standar Dorna pakai Magneti Marelli atau bikinan sendiri,” tutur Borsoi. 

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Artinya, belum ada kepastian apakah Aprilia terjun sebagai tim pabrikan atau nonpabrikan yang salah satunya ditentukan oleh penggunaan perangkat elektronik itu sesuai regulasi 2014. Borsoi menambahkan, pengembangan Aprilia musim depan terbilang besar-besaran. 

Selain memasang perangkat pneumatic terhadap klep seperti tim pabrikan top saat ini, merek motor Italia yang terkenal di kelas 125 dan 250 cc zaman dulu itu, juga akan mengembangkan girboks model SSG (seamless shift gearbox). Teknologi girboks ini yang sepanjang musim diributkan dalam tim Yamaha tapi belum terealisasi. “Tapi, kami belum tahu apakah teknologi itu bisa dipakai sejak awal musim atau tidak,” tambah Borsoi.

Untuk line-up pembalapnya, PRA bisa saja terus dengan Aleix, tapi belum tahu dengan  Randy de Puniet. Sebab, seperti cerita terdahulu, Aleix ingin tunggu kabar dari PEA sebelum memutuskan akan ke mana musim depan.  Namun, untuk jaga-jaga, PRA juga melakukan pendekatan kepada sejumah pembalap lain antara lain Nicky Hayden (Ducati),  dan para  pentolan tim pabrikan Aprilia di WSBK macam Sylvain Guintoli dan Eugene Laverty.

Jika bocoran Borsoi ini ndak bohong, bisa dipastikan geliat kompetisi musim depan bisa lebih riuh. Setidaknya menarik menunggu  kiprah Aprilia melawan Ducati sebagai sesama pabrikan Italia. Menarik juga saat tarung dengan tim satelit Honda dan Yamaha, ataupun tim independen yang gunakan teknologi pabrikan Jepang itu. Andro

 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone Inggris 2013, Semua Sesi & Kelas, 30 Agus – 1 September

MotoGP 2013: Espargaro, Kakaknya Seharusnya Pengganti Rossi Kemudian

MotoGP 2013 Silverstone Inggris Jelang FP3-4: Marquez Dan Pedrosa, Terganggu Trek Bumpy

MotoGP 2013 Silverstone (Jelang FP3): Mendadak Jadi Tarzan, Crutchlow Pukuli Dada Sendiri

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang FP3-4): Rossi Masih Berusaha, Tetap Ceria..!

 

BAGIKAN