nhk

MotoGP 2013 Aragon Paska Insiden Marquez-Pedrosa: Kabel Sensor ECU Putus, Puig Bawa Kameramen

ManiakMotor-Topik besar usai GP Aragon masih seputar insiden dua RC213V. Gara-garanya, manajer pribadi Dani Pedrosa, Alberto Puig, membawa kameramen televisi ke garasi Pedrosa dan mengekspos kerusakan sensor traction control-nya.

Biang masalah terputusnya kabel sensor kecepatan beban roda terhadap mesin atau kontrol traksi yang bahasa bulenya ada di atas tuh. Kabel ini terintegrasi pada ECU (Electronic Control Unit) yang membaca sensor yang terhubung dengan kabel tersebut usai senggolan sikit sebenarnya dengan Marc Marquez. Akibat kabel putus itu, traksi roda Pedrosa sudah tak terkontrol, ya namanya juga kontrol traksi. Apalagi, di saat sama ia sendang on throttle.

Semua sudah tahu, Pedrosa tiba-tiba high side, ia terlempar ke udara dan motornya menggasing-gasing. Hanya muncul tanya, mengapa Honda terkesan ‘sembarangan’ menempatkan perangkat vital itu? Alat itu diikat sebuah baut yang tentu ada murnnya di atas swingarm dan hanya  dilindungi klip plastik. Dan, mengapa pula Honda hanya memasang satu unit sensor saja? Kabarnya Ducati pakai dua sensor semacam itu di masing-masing sisi untuk antisipasi berbagai kemungkinan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Dari hal-ahal itulah kemudian berkembang pertanyaan penting, siapa yang harus disalahkan dalam insiden yang sepertinya akan mengakhiri peluang Pedrosa jadi juara dunia itu? Race Direction GP Aragon tengah menginvestigasi kasus itu. Tapi, siapa yang harus  mereka salahkan?

Apa iya menyalahkan Marquez yang memang dikenal agresif? Kalau itu yang diambil maka akan banyak sekali pembalap Moto2 dan 3 yang harus dihukum saking agresifnya. Lagipula MM bukanlah penyebab langsung dari jatuhnya Pedrosa. Marquez ‘hanya merusak’ perangkat sensor, dan kerusakan sistem itulah yang bikin DP klontang. Nah,menurut Brosist yang tersayang sekalian, siapa yang harus disalahkan?

Sampai naskah ini diupload ke depan sampeyan semua, belum keluar hasil investigasi Race Direction. Pihak Repsol Honda pun tak menanggapi pertanyaan-pertanyaan kusir antara MotoGPmania di dunia maya. Tetapi Alberto Puig sebagai pelatih pribadi Pedrosa dengan memanggil kameramen, tentu punya maksud lain.

Sementara itu, MM dan DP sudah pulang  ke rumah masing-masing dengan perasaan yang berbeda. MM disambut hangat oleh papanya yang mantan pembalap, sedangkan DP entah dibilang apa oleh ayahnya yang seorang pengusaha berpengaruh di Spanyol.

Eeit sebelum berita ditutup dengan titik, dikabarkan Marquez dan Pedrosa akan disidang oleh Race Direction di Sepang saat berlangsung seri 15 MotoGP 2013, dua minggu lagi. Di sana akan terang siapa yang salah atau benar. Andro

BACA JUGA

MotoGP Aragon Paska Race: Insiden RC213V, Marquez Bilang Terpenting Pedrosa Sehat

MotoGP 2013 Aragon (Race): Sensor Kontrol Traksi Roda Pedrosa ‘Dirusak’ Marquez, Ya High Side

MotoGP 2013 Aragon Race: Marquez, Lorenzo, Rossi Ke-3, Pedrosa High Side

MotoGP 2013 Aragon Paska Race: Rossi Judi Ban Keras, Tetap Bersyukur Podium

MotoGP Aragon Paska Race: Insiden RC213V, Marquez Bilang Terpenting Pedrosa Sehat

 

 

 

BAGIKAN