nhk

MotoGP 2013 Assen (FP1): Yamaha Terdepan, Rossi Tepati Janji

ManiakMotor – Silih berganti Yamaha dan Honda memimpin perolehan waktu tercepat di FP1 GP Belanda, Kamis (27/6) barusan. Dalam cuaca yang sejuk seputar Assen, perburuan waktu tetap panas dalam sesi yang berlangsung 10 pagi waktu VOC, eh, Belanda.

Di awal-awal sesi duo Repsol Honda Dani Pedrosa dan Marc Marquez memang memimpin. Pembalap Yamaha yang bisa mendekat hanya Valentino Rossi dan Cal Crutchlow (Tech3). Tapi, 15  menit terakhir Jorge Lorenzo seperti terbangun dari garasinya dan kembali ke lintasan. Pada putaran ke-14-nya, juara dunia bertahan itu pun bikin fastest time 1:35,263. Dalam 14 menit menit itu posisi kedua ditempati The Doctor yang hanya dipisah jarak tipis.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Sayang, di detik  terakhir, Crutchlow dan Marquez seakan terbang. Keduanya dalam lap yang sama melampaui waktu Rossi sekaligus menggusur The Doctor ke urutan 4. Crutchlow hanya beda 0,350 dari Lorenzo sedangkan Marquez kena 0,620.

Kalah 0,695 dari posisi tercepat, apa yang diperagakan Rossi bolehlah diapresiasi. Untuk sementara tifosinya bisa berharap lebih karena sejak awal sesi The Doctor cukup konsisten dalam 22 lap yang ia tempuh. Waktu terbaik Rossi sendiri dicetak pada lap ke-15 dan rontok saat sesi ditutup. So, bisa jadi ia memang tak lagi ingin mengumbar kecepata dalam sisa lapnya tapi fokus pada settingan saja, jaga kondisi, jangan kecepean, hehe.

Setidaknya, ia sudah memberi bukti ingin ‘terbang-terbang’ di sesi awal. Bukan omdo (omong doang) kala bilang M1-nya sudah makin paten setelah ganti swing-arm dan sokbreker depan. FP2 sebentar lagi, dan sepertinya banyak yang nuggu bisakah The Doctor melaju lebih cepat lagi? Ya, mari ditunggu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP 2013 Assen (FP2): Lorenzo ke Rumah Sakit, Absen Raceday GP Belanda

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Lorenzo – Marquez Waspadai Lap Pertama

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Crutchlow Tetap Yamaha atau Nyeberang ke Honda – Ducati?

MotoGP 2013 Assen (Jelang); Rossi ‘Pinjam Angin’ Duel Trio Spanyol..?



 

BAGIKAN