nhk

MotoGP 2013 Assen (FP2): Bah.. Hujan, Rossi Ke-2, Marquez Ke-1, Lorenzo Jatuh

 



ManiakMotor – Seperti di FP1, Dani Pedrosa dan Marc Marquez langsung pimpin sesi FP2. Baru main beberapa menit di sirkuit Assen, Belanda, 27 Juni, Pedrosa langsung bikin fastest time 1:52,869. Jauh lebih lelet dari waktu terbaik Jorge Lorenzo saat memenangi FP1, maklum sirkuit licin, wet race alias aspal basah dari hujan. 

Tapi, ndak lama kemudian Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) melejit dengan waktu baru 1:51,036. Dan, gilanya, waktu itu pun kemudian dilampaui pembalap CRT Aleix Espargaro (Power Electronics Aspar), sementara yang mampu mendekat si CRT adalah Marquez dengan selisih 0,056 detik.

Itu gambaran sengitya perburuan waktu pada 20 menit pertama dari jatah 45 menit FP2 dengan kondisi mandi mandu, eh basah.  Sejauh itu Jorge Lorenzo masih di kisaran 1:51-an detik. Sedangkan teman setimnya di Yamaha Factory Racing, Valentino Rossi berkutat di waktu 1:53-an detik.

Nggak cuma Espargaro,  rider CRT lainnya macam Yonny Hernandez (Paul Bird Motorsport) dan Claudio Corti (NGM Eacibg) pun sempat jadi pemimpin. Pasukan ‘Pak RT’ ini, memanfaatkan sirkuit basah. Tenaga kurang kan lebih enak di lintasan licin. Tapi, semua itu berlangsung dalam situasi beda dengan FP1. Toh, motor-motor pabrikan bertenaga gambot pun saat iini sudah oke mengatasi aquaplaning gejala berenang dari lapisan air sirkuit! 

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Bolak balik pucuk pimpinan berganti. Sampai pada menit terakhir seperti biasanya di mana anak-anak ini pol-polan. Rossi yang tadinya urutan keiga mendadak jadi nomor satu, tapi hanya dalam beberapa detik saja karena secara bersamaan Marquez dan Pedrosa bikin waktu lebih cepat di putaran terakhirnya.

Untung saja The Doctor masih punya sisa 1 lap untuk ia selesaikan. Hasilnya, doski menggusur Pedrosa dan nangkring urutan dua di bawah Marquez. Seruuuuu habis dan diseru-serukan, hehe. Itu kalau cermati prosesnya dari detik ke detik. Kalau cuma denger beritanya, ya biasa sajalah. Kecuali dengar cerita dari yang memang ahli cerita, karena diberi bumbu.

Latas ke mana Bung Lorenzo? Doski hanya main 8 laps dan memilih istirohat. Bukan takut flu kalau kebanyakan kena hujan, tapi karena tergelincir di lintasan. Kabar terakhir, Lorenzo dipaksa tidak ikut lomba karena patah tulang selangka. Lebih lengkap baca; MotoGP 2013 Assen (FP2): Lorenzo ke Rumah Sakit, Absen Raceday GP Belanda.

Marquez yang membela Repsol Honda Team kini tercepat dengan waktu 1:47,617. Hanya unggul 0,252 atas Rossi. Buat The Doctor yang juga tampil impresif di FP1, performa di lintasan basah kali ini terbilang istimewa. Tunggu saja komentarnya nanti, pasti bilang ruarrrbiazaaaa karena dalam lima seri terdahulu memang ia biasa-biasa saja. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Assen (FP2): Lorenzo ke Rumah Sakit, Absen Raceday GP Belanda

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP 2013 Assen (FP1): Yamaha Terdepan, Rossi Tepati Janji

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Lorenzo – Marquez Waspadai Lap Pertama

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Crutchlow Tetap Yamaha atau Nyeberang ke Honda – Ducati?

 

 

 

BAGIKAN