nhk

MotoGP 2013 Assen (Jelang Race): Marquez Bergairah, Pedrosa Masih Ada

ManiakMotor – Rasanya sih tak akan ada team order di kubu Repsol Honda. Rasanya juga Marc Marquez keberatan karena ia pun butuh poin setelah DNF di Mugello.

Di sisi lain layak memprediksi kalau Dani Pedrosa tak akan ambil risiko tarung habis-habisan di kesempatan ini demi mejauhkan diri dari kejaran Jorge Lorenzo di papan klasemen. Mumpung Lorenzo tak tampil, berapa pun poin yang ia petik di Assen akan berharga karena saat ini unggul 7 angka. Apalagi, trek Assen  rawan celaka sementara ia harus start dari urutan 5. Lebih realistis buatnya bermain lebih aman demi memperkuat jalur menuju gelar juara dunia 2013.

Beda dengan Marquez yang baru mengantongi poin 93. Ini kesempatan besarnya untuk mengejar Lorenzo yang sudah punya poin 116. Jika juara maka poinnya jadi 118 atau melewati dua angka perolehan Lorenzo. Seterusnya  terbuka peluang meraih titel di tahun pertamanya.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Marquez berkali-kali ia bilang tak memikirkan gelar juara dunia. Ia hanya fokus balap yang terbaik setiap race. Ya, itu sama saja. Jika ada kesempatan di depan mata, sulit dipercaya kalau ia main buang peluang begitu saja. Tak mungkinlah Marquez begitu mengingat semangat dan agresivitasnya selama ini memburu finish terdepan. 

Komposisi grid start kali ini  terbilang unik dan baru sekali terjadi 2013. Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) selaku pole sitter sedangkan Marquez di sebelahnya, dan di sebelah Marquez adalah Stefan Bradl (LCR Honda). Di row dua ada Valentino Rossi yang start di belakang Crutchlow dan Pedrosa yang persis di buntut Marquez.

Pedrosa terdampar ke-5 di Q2 bukan persoalan motor. Ia hanya terjatuh di separuh sesi. Justru di pertengahan sesi tersebut Pedrosa yang duluan dapat 1 menit 35 detik bersih. Catatan itu lama jadi ke-1 dan baru rontok di akhir-akhir sesi. Jika ia tak jatuh, niscaya posisinya bukan di grid ke-5. Baru pakai ban pertama saja sudah langsung di depan kok.

Sialnya, fisik Marquez bisa mengganjal dalam balapan yang akan berlangsung 26 laps itu. Cedera di jari tangannya belum sembuh total akibat kecelakaan di FP3. Sakitnya ditahan Marquez sepanjang sesi Q2. “Sakitnya minta ampun, terutama saat pakai sarung tangan. Namun, tak terlalu dikhawatirkan. Yang saya takuti adalah perubahan cuaca yang tiba-tiba, ini faktor yang sangat menentukan,” kata Marquez yang pastinya lebih suka lintasan kering.

Di lintasan basah, kan sudah kejadian jatuh dianya!  Masa mau diulang? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP 2013 Assen (Jelang Race): Kalaupun Hujan, Rossi Ingin 100%

MotoGP 2013 Assen Belanda Jelang Race; Prediksi, Rossi Podium..!

MotoGP 2013 Assen Belanda (Q2): Crutchlow Pole Sitter, Rossi Ke-4, Lorenzo Balik ke Assen

BAGIKAN