nhk

MotoGP 2013 Assen (Jelang); Rossi ‘Pinjam Angin’ Duel Trio Spanyol..?

ManiakMotor – Jenis 18 tikungan sirkuit Assen, Belanda tanggung-tanggung, katanya sih tricky. Itu bedanya dengan Mugello dan Catalunya yang belokkannya panjang-panjang yang lama-lama. Dijamin beda bro, tanah negaranya saja beda. Tapi, justru yang tanggung-tanggung itu membuat kecepatan motor tidak banyak turun. Hanya pakai gerakkan badan motor berubah arah pada kecepatan tinggi.

Tim papan atas MotoGP segera ingin menghadapi  ronde 7 MotoGP di sirkuit Assen, Belanda, 29 Juni 2013 ini. Sudah gatel menguji perkakas motor yang diset-up ketika test di Aragon. Saat ini peluang sama antara Honda  RC213V racikan  Repsol Honda Team (RHT) dan Yamaha M1 dari formula Yamaha Factory Racing (YFR), hanya beda di klasemen sementara.

Dani Pedrosa harusnya gembira ke Assen. Ia bisa awetkan bannya, dibanding dua seri lalu. Tapi tunggu dulu! Pedrosa belum pernah juara di sini, loh. Mungkin Assen bukan gayanya, kan banyak bergerak (zig-zag) dengan kenceng, ia kesulitan dengan posturnya. “Saya berkali-kali berlomba di sini, tapi belum pernah juara di premier class. Sekarang saatnya!” yakin Pedrosa, pembalap andalan Honda saat jumpa pers diadakan panitia MotoGP Belanda di Assen, 26 Juni 2013.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Otomatis juga santapan Yamaha M1 Jorge Lorenzo. M1 Lorenzo telah beri bukti andal di sirkuit cepat. Ia bisa menantang girboks seamless RCV. Putaran mesin di Assen menengah ke atas, seperti itulah kemenangan M1 dua seri berturut.  “Tahun ini harusnya baik-baik saja. Ingat ya, pada 2011 saya jatuh di lap pertama dan 2012 juga jatuh di tikungan pertama,” kata Lorenzo dalam jumpa pers yang sama mengenang nasib buruknya, tapi tidak sebut-sebut Bautista salah satu penyebabnya tahun lalu, tak enak kalee, satu negara Spanyol.

Lorenzo dalam dua seri lalu selalu meninggalkan Pedrosa di akhir-akhir lomba. Lorenzo pasti mengakui motornya lagi oke. Sedang alasan Pedrosa kehilangan grip ban. Nah Assen walau sirkuit cepat tidak seganas Catalunya dan Mugello mengupas karet item. Di dua sirkuit sebelumnya itu, motor menikung dengan gigi menengah dan rpm betot terus  (rolling speed) yang panjang, grip ban kuat pada trek.

Model begitu di Assen hanya sedikit. Selebihnya Assen banyak lenggak-lenggok dan goyang kiri-kanan, ungkit motor, angkat badan, dan kepala yang singkat-singkat. Macam tarian lah. Salah goyang sikit, bosar akibatnya jumpalitan di kecepatan tinggi, ah jangan sampai. “Di Assen beberapa bagian gampang, tapi ada juga yang sulit,” timpal Marc Marquez, teman Pedrosa yang menyukai sirkuit tersebut dengan aksinya akan gelantungan di motor.

Paparan di atas seharusnya Pedrosa dan Lorenzo akan duel sepanjang balapan.  Pedrosa nyaman dengan ban, kecuali stamina, itu urusan Pedrosa. Lagian cerita ban, semua pembalap memakai ban yang sama, kan ban tunggal, ban semerek. Belum lagi Marquez yang masuk ke dalamnya terbawa kecepatan Pedrosa seperti selama ini terjadi. Nah, apakah valentino Rossi ketarik atau bisa meminjam angin (slip streaming) masuk di dalam duel trio Spanyol ini?

Bisa! Itu sesuai keterangan pers Rossi telah mengganti lengan ayun yang berkarakter kaku dan  garpu depan. Perpindahan bobot ke-depan bisa dialirkan fork saat melakukan pengereman. Motornya lebih tenang out-in-out praktek balapan. Spek motornya tidak jauh dengan M1 Lorenzo yang oke di trek cepat. “Juga bisa masuk tikungan lebih dalam,” kata Valentino yang tidak hadir atau tidak diundang dalam jumpa pers?

Laga ini wajib tunggu dan sebentar lagi free practice 1. Eh, tapi ngomong-ngomong semua ingin menang, siapa yang kalah, ya? Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Babak Baru The Doctor?

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Soal Goyang, Marquez Penghiburnya

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Cuekin Rossi dan Lorenzo, Bautista Ingin Bangkit di Assen

MotoGP 2013 Assen (Jelang); Bukan Hanya Rossi-Marquez, Justru Paling Tak Sabar Pedrosa

MotoGP 2013 Jelang Assen; Rossi Akan ‘Terbang’ Sejak Sesi Awal..!

 



BAGIKAN