nhk

MotoGP 2013 Assen (Race): Lorenzo, Ksatria Yamaha Dengan Bahu Terluka

ManiakMotor – Kalau tahun lalu Jorge Lorenzo banyak bermain aman dan akibatnya tontonan MotoGP kurang bergreget, di sirkuit Assen, Belanda ia tunjukkan alasan terbenar dalam race ronde 7 MotoGP yang berlangsung 29 Juni 2013.

Tanggungjawabnya selaku rider professional dan potensinya menjadi juara dunia menjadi jauh lebih penting dari rasa sakit bahunya. Itu bahu baru semalam sebelumnya dipasangi plat titanium dengan 8 baut. Ia ingin kalahkan rasa sakit itu demi poin buat diri maupun tim yang menaunginya. Maka, jadilah ia ksatria Yamaha. Padahal, untuk menaiki M1-nya pun harus tertatih seperti foto di atas.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Tesnya di sesi warm-up. Pada lap-lap awal rasanya sangat sakit, terutama saat berakselerasi. Tekanan pada bahu sangat kencang. Saya sempat berpikir menyerah atau lanjut, yang untungnya kemudian saya putuskan berlomba. Sedapat mungki mengurangi pergerakan bahu untuk menghindari sakit dan itu terasa berkurang di laps berikutnya,” ujar Lorenzo yang dapat 12 laps dalam sesi warm-up.

Tak banyak yang ingin diperjuangkan Lorenzo kecuali poin di kejuaraan dunia. Ia harus ikut dengan target minimal lima poin agar tak terlalu jauh tertinggal dari Dani Pedrosa di klasemen yang masih selisih 7 angka. Saat balapan, ia dapatkan justru 11 angka karena  ke-5.

Untungnya Pedrosa hanya finish ke-4, sehingga selisih di klasemen hanya sembilan. “Ia yang jadi pahlawan hari ini, sungguh hebat. Saat bilang akan turun balapan, saya sempat pikir tak ada yang bisa ia lakukan. Nyatanya beda,” puji Rossi pada Lorenzo.

Start dari urutan 12, hanya dalam lima putaran ia sudah masuk lima besar. Sejurus kemudian bahkan 4 Besar membuntuti Marc Marquez dan sempat sesaat berebut posisi ketiga. Sayang, kondisi Lorenzo mulai terpengaruh di lap 15 dan ‘menyerahkan’ tugas memburu dua Honda di depan pada Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) yang akhirnya sukses menekuk Pedrosa.

“Saya mulai merasakan sakit hebat sejak laps ke-7 dan makin lama makin buruk, terutama saat pengereman dan berakselerasi. Dengan kondisi begini, finish kelima rasanya sudah lebih hebat dari kemenangan. Terima kasih pada Cal dan Valentino yang membuat saya hanya kehilangan dua poin atas Dani di klasemen,” ujar Lorenzo.

Lorenzo pun berharap bisa lebih gesit masuk GP Jerman nanti meski sadar belum akan pulih 100%. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP 2013 Assen (Race): Rossi Unggul Manuver, Kalah Top Speed

MotoGP 2103 Assen (Race): The Doctor Is Back, Tiga Yamaha Jadi Bintang

MotoGP 2013 Assen Belanda (Race); Huhui.. Rossi Juara Mengalirkan Distribusi M1, 2.5 Tahun Menunggu

 

BAGIKAN