nhk

MotoGP 2013 Assen (Race): Start Ke-300 Honda, Angkat Topi Buat Yamaha

ManiakMotor – Raceday di Assen, Belanda kemarin atau 29 Juni jadi start ke-300 kalinya Honda di balap kelas raja. Sayang tak ada selebrasi untuk bisa dirayakan.

Dua pembalap Repsol Honda punya dua masalah berbeda dan gagal raih hasil maksimal. Marc Marquez masih terkendala dengan cedera jari tangan kanannya sehingga sangat sulit melakukan pengereman. Bahkan ia sudah menggunakan keempat jari sekaligus untuk meremas tuas rem di kanan. Ya, kalau di kiri itu kopling. 

Dani Pedrosa kali  ini melakukan start gemilang. Start dari urutan 5 langsung di posisi number one selepas R1 dan berlangsung beberapa lap sebelum diambil alih Valentino Rossi di putaran 6. Setelah itu, seperti race sebelumnya, performa ban Pedrosa mulai melemah dan akhirnya tak bisa bertahan dari gempuran lawan dan finish hanya keempat.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Bukan hal yang bagus untuk kompetisi karena saat bersamaan Jorge Lorenzo mampu finish kelima. “Saya tak ingin cari-cari alasan kalah, karena saya sudah berjuang sekeras mungkin sepanjang lomba. Sekarang saatnya rileks sebentar dan kembali bersiap diri menyongsong race berikutnya. Saya angkat topi buat Lorenzo, yang dilakukannya hari ini sungguh hebat,” ujar Pedrosa, sangat sportif.

Sportivitas sama diperlihatkan Marquez. Menurutnya Lorenzo telah memperlihatkan kekuatan luar biasa dan tanggungjawab besarnya sebagai pembalap profesional. “Selamat juga atas kemenangan Valentino. Seperti kita lihat, suasana balapan ini selalu bagus jika ia berada di depan.”

Perjalanan berikutnya ke Sirkuit Sachsenring, Jerman, tempat ronde 8 MotoGP dihelat pada 14 Juli. Optimisme Honda jelas ada. Itu trek Jerman berlawanan arah jarum jam, sangat cocok dengan style Pedrosa yang kidal. Dari 13 tikungan, 10 di antaranya nekong kiri. Tak heran kalau musim lalu Pedrosa menang di sini dan menyikat Lorenzo dengan selisih 14,886 detik.

Jadi, sepertinya Honda memang harus menunda selebrasinya ke angka start yang ke 301. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Assen (Race): Lorenzo, Ksatria Yamaha Dengan Bahu Terluka

MotoGP 2013 Assen (Race): Rossi Unggul Manuver, Kalah Top Speed

MotoGP 2103 Assen (Race): The Doctor Is Back, Tiga Yamaha Jadi Bintang

MotoGP 2013 Assen Belanda (Race); Huhui.. Rossi Juara Mengalirkan Distribusi M1, 2.5 Tahun Menunggu

 

BAGIKAN