nhk

MotoGP 2013 Austin (FP1): Dua Kejutan Beruntun Ducati, Mulai Main di 5 Besar


ManiakMotor – Kamis (18/4) Audi Group selaku pemilik baru Ducati Corse membuat kejutan dengan mengganti CEO Ducati Gabriele Del Torchio, tokoh yang merekrut Valentino Rossi dari Yamaha pada akhir musim 2010.

Del Torchio adalah salah satu sosok lama yang tak diusik saat Audi membeli pabrikan motor gede Italia itu. Sepertinya Audi yang merupakan produsen mobil mewah jerman menginginkan pembaharuan visi di tubuh manajemen Ducati. Pengganti Del Torchio bukanlah orang luar, tapi Claudio Domenicali yang sebelumnya menjabat Direktur R&D dan kemudian  General Manager Operations and Product Development sejak 2009.

Jumat (19/4) muncul kejutan kedua pada sesi FP1 GP Amerika di Sirkuit Austin, Texas. Dua rider Ducati, Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso, mampu melejit kelima besar tercepat dengan menggusur The Doctor ke urutan 6.

Menariknya, Ducati Desmosedici GP13 kali ini malah lebih lambat dibandingkan Yamaha YZR-M1 di trek lurus. Ini terbalik dengan 3 sesi FP GP Qatar di mana Dovizioso selalu punya top speed lebih bagus dari Lorenzo.

Ini fakta di Austin. Lorenzo dan Rossi punya top speed sama persis, 334,1 km/jam. Sedangkan Dovi dan Hayden bikin 333,7 dan 330,7 km/jam. Di Qatar, Dovi selalu unggul top speed dengan Lorenzo. Di FP2 Qatar, Dovi bahkan unggul sekitar 5 km/jam. Ia cetak 343,4 km/jam sementara Lorenzo 338,2 km.

Data itu bukan patokan karena masih FP1. Ducati pun masih selisih 2 detik dengan Marquez. Tetapi untuk coba-coba mengorbankan trek lurus sudah mulai dilakukan Ducati, ketimbang keberatan gir pada 20 tikungan. Pada tikungan itulah mereka mencuri waktu sehingga bisa berada di atas Rossi. Apakah setingannya yang sengaja diubah karena merasa tak mungkin mengalahkan Honda di trek lurus atau memang sudah demikian adanya pengembagan Ducati yang dicicil-cicil itu? Aatau karena The Doctor yang belum maksimal?

Sabar Bro, ini baru FP1. Jika di dua FP selanjutnya atau bahkan di sesi QTT, Ducati bisa konsisten barulah bisa diduga kini sudah ada apa-apanya dengan Ducati. Perubahan macam apa lagi yang mereka usung? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin, Texas: FP1 Rossi Masih Cari Keringat, Marquez ‘Nekad’ Duluan

MotoGP 2013 Austin (FP1): Sementara Marquez Teratas, Rossi Ke-6, Mungkin Masih Lelah

MotoGP 2013 Austin: Ternyata Memang Ada ‘Musibah’ Dengan Rossi

BAGIKAN