nhk

MotoGP 2013 Austin (FP2): Marc Marquez, Calon Nih..!

ManiakMotor – Biarpun seorang rookie musim ini, dia sudah bergelantungan dengan RC213V untuk dibilang calon penguasa Sirkuit Austin, Texas.  Itulah Marc Marquez, penguasa free practice 1 dan 2 yang berlangsung 19 April di sirkuit Austin, Texas, Amerika. Bila pembalap Repsol Honda Team itu juara di sini, berarti melampui rekor Valentino Rossi soal debut mereka di kelas para raja.

Dibilang calon lantaran belum jadi juara di sana meski sudah memberi tanda-tandanya. Sejak sesi tes pra musim sampai FP2 pada Jumat (19/4) petang waktu AS atau Sabtu (20/4) dinihari WIB, Marquez itulah pembalap tercepat. Setelah bikin 2:09,756 di sesi FP1, The Young Gun itu pertajam waktu di FP2 dengan 2:05,031. Memang masih lebih lambat dua detik dari sesi tes lalu. Tetapi sudah meninggalkan jauh dan jauh para seniornya. Bisa jadi, Marquez bisa didekati hanya dalam sesi kualifikasi karena semua peserta menggunakan ban lunak khusus QTT. Padahal, saat FP, itu ban simulai yang akan dipakai di lomba.

Lewat rilis tim Repsol Honda, Marquez bilang kelambatan itu tak lain karena RC213V-nya belum dapat grip yang mumpuni. Bannya belum bisa pegang trek  super mulus itu meskipun ia tampil dominan dalam perburuan waktu tercepat. “Pasti di sesi berikutnya akan lebih baik. Saya hanya menjaga irama kecepatan sembari memperbaharui racing line. Rasanya sama saja seperti hari pertama tes bulan lalu,” kata Marquez yang sebelum ke Texas sudah ancang-ancang akan segera memperbaiki racing line-nya.

Performa yang mulai nanjak diperlihatkan seniornya, Dani Pedrosa. Rider utama Honda itu kini menempati posisi kedua dengan selisih waktu 0,554 dari yuniornya. Seperti Marquez, Pedrosa pun merasakan kesulitan mendapatkan cengkeraman roda di lintasan.

Hal sama dialami Stefan Bradl, pembalap tim satelit LCR Honda yang juga ikutan tes pra musim lalu. Ia duduk di posisi 3 sekaligus memantapkan posisi Honda pada 3 teratas sesi FP2. Bradl ungguli duet Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang puas atau tidak puas harus rela di posisi ke-4 dan 5. Keduaya keteteran 1,6 dan 1,8 detik dari Marquez.

Ducati yang bikin kejutan di FP1, tak berkelanjutan di FP2.  Posisi Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden kembali ke posisi rutinnya, yakni urutan 7 dan 9. Lengkapnya klik di Result Bro seperti biasa.

Dari Yamaha Factory Racing sendiri belum ada kabar apa-apa. Apakah ketidakmaksimalan YZR-M1 kali ini ada kaitannya atau tidak dengan tersiramnya sejumlah perangkat elektronik tim saat kebakaran di garasi tim Monster Yamaha Tech3. Pasalnya, semua informasi seputar set-up buat Austin tersimpan di komputer dan server yang basah kuyup itu. Satu-satunya rilis yang mereka kirim ke portal ini selama sesi Austin, justru pemberitahuan kalau akun twitter YFR sekarang sudah mencapai 100.000 followers. Sama sekali tak terkait dengan FP1 maupun 2.

Mungkin usai FP3 kali baru bagi-bagi cerita. Tapi, itu ceritanya besok Bro! Sekarang saatnya nunggu Moto2. Kapan tidurnya yakkkk?  Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (FP1): Dua Kejutan Beruntun Ducati, Mulai Main di 5 Besar

MotoGP 2013 Austin, Texas: FP1 Rossi Masih Cari Keringat, Marquez ‘Nekad’ Duluan

MotoGP 2013 Austin (FP1): Sementara Marquez Teratas, Rossi Ke-6, Mungkin Masih Lelah

BAGIKAN