nhk

MotoGP 2013 Austin (Jelang FP3): Marquez Sudah Mengarah Jadi Juara

ManiakMotor – Kepercayaan diri sudah full, pacuan pun okeh bebeh. Karena baru Honda yang membuktikan dalam keadaan grip sulit, tetap konsisten. Bisa dibilang, Marquez memang calon juara, paling tidak dalam dua sesi FP yang telah dilewati. Juga, tanda-tandanya sangat mudah dilihat dari gerak-gerik yang dipersiapkan buat Marquez pada sesi FP3 pada Sabtu (20/4) atau nanti malam  WIB.

Marquez tak lagi puyeng memikirkan racing line (jalur balap) dibanding teman-temannya dan musuhnya. Kalau disebut pas belum juga, karena catatan waktu tercepatnya masih selisih 2 detik dari saat latihan Maret lalu. Secara teknis tak ada pula problem kecil apapun pada RC213V-nya. Kalau dirasa masih kurang grip di lintasan, kan semua pembalap top juga merasakannya.

Ketika Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa masih puyeng mencari celah agar bisa lebih paten memasuki tikungan, Marquez justru sudah berpikir balapan. Bicara masuk tikungan maka persoalannya adalah kinerja roda depan yang variannya berupa pilihan kompon, isi angin, dan suspensi. Itu sudah didapat Marquez dalam 14 menit terakhir FP2 ketika cuaca mulai rada panas.

Ia pakai ban depan berkompon lunak variasi terbaru dan sejak saat itu bertubi-tubi bikin fastest lap. Ia yang membuka catatan waktu di  bawah 2:06. Berturut dari 2:05,108, 2:05,055, dan terakhir 2:05,031. Pedrosa pakai tipe ban yang sama bisa kedua tercepat dengan 2:05,585. Hanya mereka berdua yang bikin kisarn itu. Yang lain  2 menit 6 detik koma sekian. Bedanya, Marquez jauh lebih konsisten dengan seniornya. Dalam 8 laps terakhir, ia tercatat 6 kali mencatat waktu kisaran 2:05 dan terus meningkat, sedangkan Pedrosa hanya dua kali dan setelahnya malah menurun.

“Terus meningkat dari satu sesi ke sesi lainnya dan itu sangat penting dan menggembirakan. Tapi, di atas semua itu kami sudah harus berpikir pada balapan,” tegas Marquez yang pada FP3 akan fokus pada pemilihan ban depan dan belakang berikut komposisi dan kesatuannya dengan suspensi. Akan ditentukan model paling tepat pada raceday yang cuacanya diprediksi bakal panas.

Buat Honda sendiri, mau tak mau , secara diam-diam maupun terang-terangan, bisa jadi tak ada pilihan kecuali mendorong Marquez menjuarai GP Amerika. Performanya sangat meyakinkan sementara Pedrosa masih terlihat labil. Kalaupun tak jadi juara, minimal Marquez bisa mencegah Yamaha kuntuk finish 1-2 kembali.

Pada kondisi itu, penantian lebih pun sudah terarah pada Marquez untuk bikin rekor baru sebagai pembalap termuda pemenang seri MotoGP dalam usia 20 tahun. Rekor saat ini dipegang Freddie Spencer yang memenangi GP Belgia 1982 dalam usia 21 tahun. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3-Q2; Semua Teriak Grip, Ini dia Jawabannya..!

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Jorge Lorenzo, Grip Depan Dan Belakang M1 Masalah Di Texas

MotoGP 2013 Austin Menuju FP3; Rossi Mulai Ubah Omongan, M1 Beda Dengan Di Qatar

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353