nhk

MotoGP 2013 Austin (Jelang Race): Marquez Dilepas, Lorenzo Kejar Pedrosa

ManiakMotor – Mencermati seluruh sesi FP sampai QTT GP Amerika, rasanya sih mustahil menyergap laju Marc Marquez menjadi juara. Yang bisa menghadangnya pun hanya Dani Pedrosa, rekan setimnya. Itu jika dilihat dari FP3 dan qualifying 2 atau Q2. Pedrosa jelas saja memanfaatkan mental pada jam terbang dan membalap berlawanan arah jarum jam pada race day  21 April di sirkuit Austin, Texas, Amrik dan di sini sudah subuh 22 April.

Hanya satu yang ditakutkan terjadi pada remaja 20 tahun ini, yakni kepercayaan diri dan agresivitas tingginya yang kerap membuatnya justru kontraproduktif, klontang di lintasan. Jika tak jatuh, tak ada yang ragu menobatkannya jadi juara. Sekali pun, misalnya, ia sempat gelagapan saat start. Ia dan motornya sudah terbukti menyatu dengan trek Austin. Gaya balapnya yang masih anak muda yang gesit menguntungkan dia di tikungan Austin.

Meski tak diucapkan terang-terangan, sepertinya Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang akan start di sebelah Marquez akan berpikir untuk melepas anak baru itu. Hanya akan menguras tenaga dan risiko memaksakan diri mengejarnya. Toh, sejauh ini juga tak terkejar.

Sekenario kedua Pedrosa vs Lorenzo. Ini pun mustahil dengan selisih di Q2 0.8 detik. Ya hitung saja 21 lap kali selisih tersebut. Memang lomba akan bercerita lain, tapi FP dan Q2 bisa sabagai panduan. Panduannya akan terjadi 1-2 dari Honda di Austin atau sama dengan di Qatar yang dilakukan Yamaha. “Ban belakang masih saja kurang menggigit dan jadi PR jelang balapan,” kata Pedrosa merendah, supaya nggak diincar Lorenzo.

Di sisi lain, Lorenzo pun jujur menyadari peluang beratnya untuk melawan Honda, terutama Marquez. Di semua sesi ia telah coba maksimal, namun posisi terbaiknya hanyalah nomor tiga. “Jika terjadi sesuatu yang tak terduga, mungkin bisa bertarung meraih gelar juara. Tapi, jika situasinya normal, podium ketiga pun sudah sangat baik,” ujar sang juara dunia bertahan itu.

Wah, nyerah to? Ya, mau bagaimana lagi Bro. memang itulah target realistis yang bisa dipancang mengingat reputasi Honda yang menjadi-jadi di Austin. Dan, bisa juga benar seperti analisi portal ini terdahulu, bahwa Yamaha memang tak ingin ngeyel di Austin. Seri ini dilepas untuk kembali bikin perhitungan di Jerez, Spanyol, di mana M1 lebih kuat dibandingan RC213V. Tapi, itu sekadar analisis, bisa benar, bisa benar sekali hehehe.

Dengan skenario itu, sangat besar pemandangan pada race nanti adalah Marquez melaju sendirian di depan sebagaimana Lorenzo di Qatar. Di belakangnya, Pedrosa dan di belakangnya lagi Lorenzo. Atau Pedrosa tetap ngotot menempel Marquez. Maklum pemain senior kadang mengganggu racing line agar terus bisa dapat angin. Termasuk juga Lorenzo yang akan meminjam slip streaming Pedrosa. Lho, Rosi ke mana? Jika istirahatnya Rossi tadi malam bagus, berharaplah kondisi fisiknya memadai untuk bertarung 21 laps di trek anticlockwise yang melelahkan itu. Kalau tidak, yah yang penting bawa pulang poinlah. Dan, tak kalah penting, jangan sampai finish dipantati Ducati. Itu akan jadi judul besar di website Ducati hihihihi! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Jelang Race): Marquez Songsong Rekor Lanjutan

MotoGP 2013 Austin Menuju Race; Rossi Diasapi 2 Detik Dari Marquez, Hanya Mujizat Ia Podium Di Texas

MotoGP 2013 Austin (Q2); Saktinya SSG RC213V Marquez-Pedrosa Di Texas

 

BAGIKAN